ARKIFM BERITA NASIONAL

Jonan: Sekarang Enggak Ada BBM Harga Rp 60.000/liter di Papua

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan sekarang sudah tidak ada lagi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga selangit di Papua. Ini berkat program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga yang gencar dijalankan oleh PT Pertamina persero.

“Sekarang sudah enggak ada BBM di Papua yang harganya 60.000/liter. Adanya 9.000/liter atau 12.000/liter,” ungkap Jonan dalam acara Diskusi Media di Cafe Kembang Kencur, Jakarta, Minggu (5/3/2017).

Namun Jonan mengetahui masiha ada kelemahan dalam program tersebut. Sebab masih ada rentetan pengecer yang memungkinkan harga BBM menjadi lebih mahal sampai ke tangan konsumen. Untuk itu dibutuhkan lebih banyak Agen Premium dan Minyak Solar (APMS), mengingat membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) membutuhkan investasi yang lebih besar.

“BBM satu harga itu baru sampai di APMS dan SPBU. Kalau ke pengecer lebih bawah lagi pasti harganya lebih. Ini yang akan kita dorong pertamina supaya dia lebih banyak buka, kalau bukan SPBU paling tidak APMS,” ujarnya.

Wilayah Papua memang menjadi fokus pemerintah untuk mewujudkan BBM satu harga. Setidaknya ada 22% dari total lokasi di Indonesia atau 33 lokasi yang dituju. Terbagi atas 26 lokasi di Papua dan 7 lokasi di Papua Barat.

“Kalau bicara soal Papua, BBM satu harga dari 26 lokasi yang udah selesai 7 lokasi. Memang ada 19 lokasi yang belum sampai Juni. Dari 7 lokasi itu 2 lokasi di Papua Barat sudah selesai,” terangnya.

 

 

(mkj/mkj)

(sumber  : detik.com)

Related posts

Bermodus Minta KTP, Diduga Ada Oknum Karyawan PT AMNT Iming-Iming Pekerjaan di Smelter 

ArkiFM Friendly Radio

‘Kelas Kecil’, Inovasi Layanan ARPUS KSB yang Libatkan Relawan

ArkiFM Friendly Radio

Gelar Cipta Kondisi, Polres KSB Temukan Narkoba

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment