ARKIFM NEWS

Muscab IBI KSB, Bupati Ingatkan Bidan Penuhi Hak Dasar Masyarakat

Sumbawa Barat. Radio Arki – Seluruh Bidan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diminta untuk terus memenuhi hak-hak dasar masyarakat. Demikian diungkapkan Bupati saat membuka Musyawarah Cabang IV Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KSB di Central Kediaman Bupati, kemarin (5/12).

Dijelaskan Bupati, pemenuhan hak-hak dasar masyarakat adalah visi daerah. Salah satunya dalam bidang kesehatan, yakni dalam pelayanan maternal neonatal dan layanan kesehatan ibu dan anak lainnya.

Untuk memperlancar pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, Pemda telah memenuhi empat jalan. Pertama jalan tanah, yakni pengaspalan jalan sampai ke desa terpencil. Dampaknya mobilitas masyarakat termasuk bidan dalam melaksanakan tugasnya semakin lancar. Kedua jalan api atau listrik seluruh desa tahun ini sudah dialiri listrik. Ketiga jalan air atau air bersih, dimana cakupan air bersih sudah merata, jaringan air pun sangat mendukung STBM dan menekan stunting. Jalan keempat adalah jalan angin atau sinyal telekomunikasi, akhir tahun 2019 sisa empat desa yang masih blank spot sudah mendapat sinyal telekomunikasi.

‘’Dalam kesempatan ini saya minta bantuan para bidan untuk membangun jalan kelima, jalan pikiran, yakni memiliki jalan pikiran tidak membedakan-bedakan manusia, memiliki jalan pikiran memberikan tindakan/pelayanan optimal dan jalan pikiran lainnya. Jangan sampai Bidan overconfident, jadilah manusia yang bisa bermanfaat bagi diri kita, keluarga kita dan bagi masyarakat,” kata Bupati.

Sebelumnya, ketua IBI KSB, Bidan Kalsum, S.KM dalam sambutannya menyampaikan, seluruh Puskesdes di 65 Desa sudah di isi oleh Bidan. Kehadiran bidan di desa-desa akan memaksimalkan pelayanan menekan angka kematian ibu melahirkan, menekan angka stunting termasuk mendeteksi kanker serviks agar cepat ditangani dan bisa semakin produktif. Bidan juga merupakan mitra DP2KBP3A untuk mensukseskan program Keluarga Berencana.

Sementara itu, ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi NTB Bidan Wayan Mujuangsih, S.ST., S.Sos mengatakan, Muscab adalah kegiatan lima tahu sekali dalam rangka demokrasi di dalam tubuh IBI, yakni untuk memilih pengurus baru sesuai ADRT IBI.

“Melalui muscab, diharapkan menghasilkan pengurus baru yang bisa memacu semangat seluruh bidan untuk memberikan dedikasi terbaik untuk masyarakat melalui kehangatan hati dan tangannya,” kata Bidan Wayan Mujuangsih, S.ST., S.Sos

Muscab IV IBI KSB mengangkat Tema Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Pelayanan Berkualitas. Muscab diirangkaikan dengan HUT IBI ke-68 Tahun 2019. Ketua TP-PKK KSB, Ibu Hj. Hanipah W Musyafirin, S.Pt yang hadir dalam Muscab menyerahkan hadiah bagi para Bidan pemenang lomba video kreatif STBM dan Lomba deteksi kanker serviks.(Humaspro. Radio Arki)

Related posts

Hati-Hati, Diduga Ada Percobaan Penculikan Anak Di Taman Tiang Nam

ArkiFM Friendly Radio

HMS Menguatkan Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan Di Pesantren   

ArkiFM Friendly Radio

Hebat, IPKM KSB Masuk 10 Besar Nasional

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment