ARKIFM NEWS

AHL Basno Digelar di KSB, Bupati : Kepala Daerah Se Indonesia Akan Hadir

Foto : Rakor Kesiapan KSB tuan rumah AHL Basno. (Doc. Prokopim)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Rapat koordinasi membahas kesiapan KSB sebagai tuan rumah kegiatan Advokasi Horizontal Learning (AHL) buang air besar nol (Basno) NTB dan Sanitasi Aman KSB terus dikebut.

Bertempat di Ruang Sidang I Setda KSB, Selasa pagi (4/02), Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M memimpin rapat koordinasi yang dihadiri unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah KSB, TP-PKK KSB, Rakor juga diikuti instansi vertikal seperti Polres Sumbawa Barat, Kodim 1628/Sumbawa Barat, Kajari Sumbawa Barat, Kepala BNN KSB hingga Perusahaan Daerah KSB.

Menurut Bupati, persiapan demi persiapan harus dibahas sejak dini. Sebab, kegiatan yang diprakarsai organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memperhatikan anak-anak dan ibu yakni United Nations Children’s Fund (Unicef) ini akan dihadiri banyak Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.

Sebenarnya, banyak tempat yang lebih representatif di luar KSB untuk dilaksanakannya AHL. Namun Unicef menilai KSB menjadi tempat yang tepat karena pelaksanaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) sudah sangat baik dibanding daerah lain.

‘’Alhamdulillah pilar utama buang air besar kita selesai 100 hari, angkanya di atas 90 persen, itu poin utama Unicef menggelar AHL di KSB. Pilar kedua 89,94 persen. Pilar ketiga 93 persen. Nah pilar keempat dan kelima yang belum maksimal masih diangka 60 persen dan ini tantangan kita kedepannya untuk lebih signifikan,” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati meminta leading sektor yang menangani persoalan limbah cair rumah tangga dan sampah rumah tangga untuk meningkatkan kinerjanya. Memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada. Dukungan dari Perusahaan Daerah KSB untuk mengolah sampah juga diharapkan. Berupaya merubah sampah agar bisa bernilai ekonomis.

‘’Hari Jumat saya akan audiensi dengan Gubernur NTB terkait persiapan pelaksanaan AHL. Bulan ini akan banyak kegiatan, tanggal 17 peletakan batu pertama bendungan Tiu Suntuk di Brang Ene, itu sekaligus kado empat tahun kepemimpinan kami. Antara tanggal 22 sampai 26 Ketua PBNU KH. Aqil Siraj akan datang ke KSB, jadi mohon dukungan kita bersama agar semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh Bupati. (Rls.Prokopim.Radio Arki)

Related posts

INOVASI Gelar Pelatihan dan Penyusunan PBS di KSB

ArkiFM Friendly Radio

PT. AMNT Kembali Salurkan Bantuan Kepada Satgas Covid-19 KSB

ArkiFM Friendly Radio

HMI Cabang Mataram Kecam Tindakan Perusakan Mushalla Minahasa Sulut

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment