NEWS

RSUD Asy Syifa’ Gunakan Sistem Zonasi Dalam Penggunaan APD

Sumbawa Barat. Radio Arki – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa’ Sumbawa Barat mulai menerapkan system zonasi dalam penggunaan baju Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis. Hal tersebut dilakukan, dalam rangka menjalankan standar protokol kesehatan dalam pelayanan di Rumah Sakit sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan.

“Penggunaan level APD untuk tenaga medis dibagi berdasarkan zonanya. Jadi ada level 1, 2 dan 3. Penggunaan level diseuaikan, artinya jika pelayanan langsung bersentuhan dengan pasien suspect covid-19, maka menggunakan level 3 lengkap, begitupula sebaliknya” kata Direktur RSUD Asy Syifa, dr. Charlof Sitompul, belum lama ini.

Untuk jumlah penggunaan baju APD, sambung dr. Charlof, dalam 14 hari bisa menghabiskan 250 pack. Penggunaan sebanyak itu ketika menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sementara ketika menangani pasien berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP), penggunaannya berkisar 10 sampai 14 pack per hari untuk sekali pakai.

“Jadi penggunaannya cukup banyak, karena semua petugas menggunakan. Baik itu dokter, perawat, maupun security,” ujarnya.

Terkait stok kedepan baju APD, dr. Charlof mengaku telah memesan baju robot secara bertahap. Ada yang sekali pakai langsunn buang, ada juga yang bisa dicuci. Meski ketersediaan anggaran sangat cukup, namun ia mengaku kesulitan membeli akibat kelangkaan baju APD.

“Kita sudah pesan baju astronot sekali pakai langsung buang. Harga satuannya dari 200.000 hingga 400.000. kita juga sudah pesan yang bisa di cuci. Jadi soal anggarannya aman, tempat beli saja yang belum aman,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Setiap Tahun Ada Ratusan Tenaga Kerja Luar Untuk Proyek Shut Down Di Batu Hijau

ArkiFM Friendly Radio

Kadishub : Strategi Optimalisasi Pemanfaatan Dermaga Labuan Lalar Dilakukan Secara Bertahap

ArkiFM Friendly Radio

Soal Dugaan Penerimaan Karyawan PT Macmahon Tanpa Seleksi, Ini Tanggapan Bupati..

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment