ARPUSDA  KSB Terus Memperkuat Program ‘Minat Baca Siswa’

0

Sumbawa Barat- Kepala Kantor Arsip Perpusatakan Daerah (ARPUSDA) Sumbawa Barat, M.Yakub, S.Sos kepada www.arkifm.com kepada media ini, kamis 15/9 siang tadi, mengungkapkan, terus melakukan berbagai program untuk meningkatkan minat baca siswa, khususnya minat baca siswa ke Perpustakaan Daerah Sumbawa Barat.

“kita sudah mulai programnya, dan sudah mulai terlihat perkembangan. Seperti tambahan kalangan siswa pelajar yang berkunjung ke perpustakaan,” bebernya

Program ‘minat baca siswa’ ini, dilakukan secara simbolik dengan penandatanganan  MOU dengan PAUD dan TK yang ada. selanjutnya, pihak perpustakaan menyiapkan ruangan khusus untuk ruag baca siswa TK dan PAUD.

“kegiatannya setiap hari jumat, dimana siswa dan guru dating berkunjung dan melakukan aktifitas membaca di sini (perpustakaan),” terangnya

Ia menambahkan, selain melakukan kerjsama khusus dengan TK dan PAUD, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dan komunitas baca yang ada, seperti Universitas Cordova dan Komunitas Literasi Anorawi.

Menurut Yakub, Generasi penerus memang idealnya harus terus disiapkan kepada arah positif, terutama minat baca. Karena sulit sekali berharap generasi emas, apabila tidak ada daya dorong dari berbagai pihak untuk membaca. Itulah yang mendorong pihaknya untuk terus melakukan komunikasi kepada berbagai elemen, seperti sekolah, perguruan tinggi, dan komunitas baca lainnya.

“buku kita banyak, dan cukup untuk memenuhi keinginan baca siswa, mahasiswa dan komunitas. Karena buku yang ada di sini, telah kita sesuaikan dengan kebutuhan lingkungan kita. Jadi semoga ini terus menjadi kebiasaan positif,”timpalnya.

Selain melakukan kerjasama dengan sejumlah para pihak tadi, Perpustakaan daerah Sumbawa Barat juga melakukan berbagai even atau perlombaan yang akan merangsang pengunjung dating ke perpustakaan.

“banyak even yang kita laksanakan. Lomba bercerita, dan lomba menulis dan berbagai lomba lainnya,” demikian, Yakub. (AB-ArkiRadio)

 

Leave A Reply