ARKIFM NEWS

Dokter Spesialis Mata FK UNUD Denpasar Sukses Operasi 125 Pasien 

“kemitraan dengan berbagai pihak terus dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat, termasuk kemitraan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Otoritas tim dokter spesialis mata dari IKM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar sukses menggelar operasi terhadap pasien katarak dan pterigium. Dan tanggung-tanggung, dalam dua hari bakti sosial yang digelar oleh doker dari pulau dewata itu ada 125 pasien yang sukses dioperasi.

Bukan hanya itu, Ketua Tim Dokter Bakti Sosial Operasi Katarak dan Pterigium IKM FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar,  A. A. A. Sukartini Djelantik, Sp.M (K) juga mengaku terkesan, dan menyenangkan selama melaksanakan bakti sosial di KSB. Apalagi sambutan yang diterimanya bersama rekan dokter lainnya begitu meriah bahkan diluar dugaan tim dokter.

Tahapan pelaksanakan bakti sosial berjalan dengan baik dan lancar, mulai dari pencatatan pasien, anastesi hingga tahapan utama yakni operasi. Bahkan di hari pertama kegiatan berlangsung hingga pukul 01.00 Wita dini hari. Hal itu dilakukan untuk mengejar target yang ditetapkan. Dua hari baksos ini berlangsung (tanggal 28-30) total pasien kami operasi 125 orang. 86 penderita katarak dan 39 penderita pterigium.

‘’Terakhir kami minta maaf kalau dalam bakti sosial ini terdapat kekurangan. Kedepan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi.” Ujar Dokter Sukartini, mewakili timnya dalam pelepasan kembali oleh Bupati KSB, Rabu (30/8) Kemarin.

tim dokter Unud denpasar saat di ruang rapat Bupati KSB

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.HW.Musyafirin mengungkapkan bahwa, kedatangan tim dokter dari UNUD ke Sumbawa Barat sangat membantu. Bahkan, dalam kesemapatan itu, orang nomor satu di tanah Pariri Lema Bariri ini juga mengundang tim UNUD untuk mau terus menggelar kegiatan seerupa kembali di Sumbawa Barat.

Bupati berharap, bakti sosial operasi katarak dan pterigium ini menurunkan secara signifikan prevelensi kebutaan hingga 0,5 persen.

‘’Terimakasih kepada tim dokter yang telah melaksanakan bakti sosial ini. Mudah-mudahan melalui program khusus kami bisa mengundang lagi tim dokter untuk melaksanakan operasi di Kabupaten Sumbawa Barat,” kata Bupati didampingi Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, S.T di ruang rapatnya di Gedung Graha Fitrah, Rabu sore (30/08/2017) kemarin.

Senada dengan Bupati, Direktur RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat, dr. Carlof  mengatakan, bakti sosial ini cukup membantu masyarakat Sumbawa Barat. Tentunya operasi katarak dan pterigium ini telah menurunkan tingkat kebutaan di KSB khususnya dan di NTB umumnya. Maka dari itu, pola kerjasama tersebut akan trus dibangun dengan berbagai pihak, terutama dengan IKM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar.

‘’Terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati, kepada teman-teman kami IKM FK Unud, ini akan terus berusaha kita bangun dan kuatkan.”Demikian, dr Carlof. (Unang Silatang.Radio Arki)

Related posts

Persiapan KEJURNAS, 7 Karateka KSB Mulai Ikuti Pemusatan Pelatihan 

ArkiFM Friendly Radio

Penempatan Tenaga Kerja di Batu Hijau Bakal Diperketat

ArkiFM Friendly Radio

Pemdes Seran Fokus Kembangkan Kawasan Wisata Edukasi

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment