ARKIFM NEWS

Peringati Internasional Nurse Day, PPNI Gelar Kegiatan Donor Darah

“ perawat medis pada layanan kesehatan memiliki peran penting. Maka sangat  penting kesadaran akan tugas dan dan peran tersebut untuk terus dipupuk, termasuk dengan menggelar peringatan hari International Nurse Day.”

Sumbawa Barat. Radio Arki – Fenomena tingginya kebutuhan darah untuk pasien-pasien yang dirawat di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat, dan krisis ketersediaanya stock darah di. Sumbawa Barat, menjadi perhatian dari para perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Sumbawa Barat.

Untuk itu, dalam melaksanakan peringatan hari perawat internanional, perawat yang tergabung dalam PPNI Komisariat RSUD As-Syifa’ Sumbawa Barat, menggelar kegiatan donor darah, di kompleks perkantoran lingkungan Graha Fitrah KTC.

Bupati KSB, Dr.Ir.H.W.Musyafirin saat berdonor darah

Selain menggelar donor darah, PPNI RSUD As-Syifa juga memberikan layanan edukasi atau penyuluhan tentang donor darah, screening awal, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin. Bahkan dalam kegiatan itu, Nampak juga orang nomor satu di tanah Pariri Lema Bariri ini ikut serta mendonorkan darahnya.

“Alhamdulillah antusias karyawan di lingkup Pemerintah daerah dan masyararakat KSB cukup tinggi. Hasilnya kantong darah yang bisa kami kelola dapat melebihi target awal. Selanjutnya, darah yang didapatkan hari ini akan langsung dibawa ke Rumah Sakit  karena ada pasien-pasien kita yang membutuhkan,”  Ujar Ketua PPNI Komisariat RSUD As Syifa, Nasaruddin, Amd.Kep yang ditemui www.arkifm.com pada Jumat (12/5).

“kami juga berterima kasih kepada bapak Bupati yang telah mendukung dan ikut serta  untuk mendonorkan darahnya.” Timpalnya.

Sementara itu, ketua DPD PPNI Sumbawa Barat, H. Yusfi Khalid, Amd.Kep.,SKM yang ikut mendampingi kegiatan ini mengatakan bahwa, selama ini perawat di Sumbawa Barat dengan peran dan fungsinya telah ikut serta sebagai role model, dalam berkontribusi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pengurus PPNI saat melakukan transfusi darah para pendonor

“tinggal bagaimana upaya kita kedepan untuk terus berbenah meningkatkan pelayanan. Untuk itu sngat dibutuhkan partisipasi semua pihak.” Ujarnya.

Ia berharap, kegiatan semacam ini bisa semakin banyak dilakukan, karena mendonorkan darah sebenarnya secara langsung bisa menjaga kesehatan tubuh.

Untuk diketahui, kegiatan peringatan Hari Perawat Internasional  tahun 2017 mengangkat tema ‘’Nurses: A Voice to Lead, Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs)”. Sementara itu, ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PPNI komisariat dalam peringatan Hari Perawat Internasional yang akan berlanjut sampai tanggal 15 Mei mendatang, diantaranya penandatangan Fakta Integritas Gerakan Hand Hygiene, Nurse Achievement, sebagai apresiasi kepada perawat yang memberikan kontribusi dan warna dalam upaya mendukung SDGs, serta Photo and Story contest untuk perawat di lingkungan RSUD Asy-Syifa.  (Khairuddin.Radio Arki)

 

 

 

Related posts

Kursus Gratis Di Sekongkang, Ada Wisatawan Australia Jadi Pengajar….

ArkiFM Friendly Radio

Kyai NU DKI Jakarta Dukung Anies-Sandi, Ini Alasannya

ArkiFM Friendly Radio

Kejar Target, Dukcapil Turun Ke Desa Percepat Perekaman e-KTP

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment