NEWS

15 Pelajar KSB Ikuti Lomba PNKJ Tingkat NTB

Foto: Peserta PNKJ didampingi Guru dan perwakilan Dishub KSB. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki –
Sebanyak 15 pelajar SD, SMP dan SMA di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ikuti lomba cerdas cermat, cepat tepat, dan yel yel pada Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Aula Dinas Perhubungan KSB, Rabu pagi (11/11).

15 peserta PNKJ perwakilan KSB merupakan siswa yang berasal dari SDN 2 Mura, SMPN 1 Taliwang dan SMAN 1 Taliwang, tampak antusias mengikuti perlombaan yang digelar oleh Balai Pengelolah Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB tersebut.

Turut hadir dalam pembukaan PNKJ, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sekretaris Dirjend Perhubungan Darat, Suryadi Jaya Purnama selaku Anggota DPR RI Komisi V dan Ditlantas Polda NTB.

Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ir. Imran Rasydi, M.BA membuka secara resmi kegiatan yang digelar secara virtual tersebut. Dalam sambutan singkatnya, Imran Rasyidi menegaskan bahwa kegiatan PNKJ digelar untuk memberikan kesadaran dengan mengedukasi masyarakat, khususnya pelajar akan pentingnya keselamatan berlalulintas.

“Indonesia merupakan negara yang tinggi angka kecelakaan lalulintas yang didominasi pengguna kendaraan bermotor. Dimana kecelakaan terjadi, disebabkan dengan pelanggaran lalulintas. Tercatat, dalam kurun waktu setahun 2019 sebanyak 25.671 jiwa menajdi korban pada kecelakaan lalu lintas,” ujar Imran Rasyidi.

Ia juga mengingatkan kepada pelajar, khususnya yang berkesempatan mengikuti kegiatan lomba pada PNKJ 2020 agar mampu menjadi pelopor dalam berlalu lintas. “Siswa siswa yang mengikuti PNKJ harus penuh semangat dan tertib dalam mengikuti rangkaian perlombaan. Kepada para guru juga saya harapkan untuk memberikan contoh mengenai ketentuan dalam tertib berlalulintas kepada para siswa,” harapnya.

Selanjutnya kegiatan PNKJ diserahkan ke MC untuk memandu kegiatan. Peserta asal KSB tampil dengan nomor urut 2 dari 10 Kabupaten Kota se NTB. Meski tergolong tampil diawal, siswa SDN 2 Mura tampil dengan maksimal. Begitu juga dengan SMPN 1 Taliwang dan diikuti dengan SMAN 1 Taliwang sebagai penampilan pamungkas. Meski waktu persiapannya terbatas, penampilan peserta asal KSB dinilai cukup memuaskan.

“Alhamdulillah penampilan anak anak cukup memuaskan dan kami bangga dengan anak anak, karena terus semangat dari awal hingga acara PNKJ ini usai. Kita patut berbangga, dimana juara 3 untuk tingkat SMP dan juara 3 untuk tingkat SMA berhasil kita raih,” ujar Kadishub KSB melalui Kabid Prasarana dan Keselamatan, Budi Sunarko, SE kepada arkifm, usai lomba PNKJ.

Budi Sunarko menjelaskan, kemenangan yang sebenarnya bukan hanya diukur melalui siapa yang paling pandai menjawab soal dengan cepat dan tepat. Lebih dari itu, substansi PNKJ digelar sebenarnya bagaimana caranya agar merangsang para pelajar agar senantiasa memahami dan mengerti tentang apa saja yang berkaitan dengan keselamatan berlalulintas.

“Anak anak yang ikut lomba ini adalah mereka yang terpilih. Harapannya, merekalah yang akan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Baik bagi dirinya, lingkungan sekolah, hingga lingkungan tempat tinggalnya. Jika berhasil mereka terapkan kepeloporan tersebut, itulah sebenarnya esensi juara PNKJ itu,” jelas Budi Sunarko, sembari memberi semangat kepada para siswa agar terus meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang.

Selain memberi motivasi kepada para siswa, Budi Sunarko juga meminta kepada panitia pelaksana dari Balai Pengelolah Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB untuk terus mengevaluasi segala tahapan dalam PNKJ tahun 2020. Termasuk mempersiapkan kegiatan dan berkoordinasi dengan Dishub dari jauh hari, sehingga para siswa bisa lebih maksimal lagi dalam mengikuti PNKJ. 

“Kegiatan PNKJ yang perdana ini patut kita apresiasi. Ini baik untuk dijadikan kegiatan rutinitas di tahun-tahun berikutnya. Tentunya dengan persiapan yang lebih matang lagi, sehingga output dari PNKJ bisa lebih maksimal. Kami juga di KSB juga tidak mau ketinggalan. Kedepannya, kami akan inisiasikan kegiatan serupa dengan lebih semarak melibatkan semua pelajar,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan PNKJ 2020 tingkat SD dijuarai oleh Kota Mataram sebagi juara 1, Kabupaten Sumbawa sebagai juara 2 dan Kabupaten Lombok Utara sebagai juara 3. Kemudian tingkat SMP dijuarai oleh Kabupaten Sumbawa sebagai juara 1, Kota Bima sebagai juara 2 dan KSB sebagai juara 3  Selanjutnya untuk tingkat SMA dijuarai oleh Kabupaten Lombok Tengah sebagai juara 1, Kabupaten Sumbawa sebagai juara 2 dan KSB sebagai juara 3. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Kecamatan Sekongkang Juara Umum MTQ ke 15 KSB

ArkiFM Friendly Radio

Mutasi Januari 2017, Pemda Bakal Gelar Seleksi Untuk Eselon Dua

ArkiFM Friendly Radio

Malikurrahman Associate Menangkan Gugatan GOR Magaparang

ArkiFM Friendly Radio