ARKIFM NEWS

Keberadaan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Akan Dimaksimalkan

Foto: Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Abdurrahman, S.IP.,M.Si. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat, terus mendorong keberadaan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk lebih dimaksimalkan. Forum yang dibentuk tahun 2019 lalu melalui Keputusan Bupati Nomor 1960 tersebut memang sempat vakum, lantaran situasi pandemic Covid-19. Dimana jajaran keanggotaan, terkonsentrasi pada penanganan dan pencegahan pandemic yang dikenal dengan virus Corona tersebut.

“SKnya akan kita perbaharui kembali. Selain itu. Kami saat ini tengah mengkonsolidasikan dengan Polres KSB dan stakeholter terkait agar keberadaan forum lalu lintas ini kembali dimaksimalkan keberadaannya,” ujar Kadis Perhubungan KSB, H. Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Abdurrahman, S.IP.,M.Si kepada arkifm.com, Senin (23/11).

Abdurrahman mengungkapkan, keberadaan Forum Lalu Lintas sangatlah penting. Mengingat koordinasi antar instansi penyelenggara, memerlukan keterpaduan dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah masalah lalu lintas dan angkutan jalan. “Jadi forum ini juga sebuah wahana untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi setiap penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan di kabupaten Sumbawa barat,” jelasnya.

Banyak hal yang bisa menjadi konsentrasi Forum Lalu Lintas. Abdurrahman mencontohkan, bagaimana badan jalan yang tidak pas dan berpotensi terjadinya kecelakaan. Seperti kasus di perempatan jalan baru yang sampai menelan korban jiwa. Dimana diatensi dan direkomendasi untuk dipasang lampu peringatan. Termasuk juga simpang samping Kantor Kelurahan Dalam, yang perlu juga ada kajian dan rekayasa lalu lintas.

“Isu isu seperti itu bisa menjadi konsen kita di forum ini. Baik dalam aspek regulasinya, sarana prasarana, hingga tindakan OPD terkait di lapangan dalam merespon persoalan apabila ada pengaduan seputar lalulintas”, tandasnya.

Untuk diketahui, dalan forum tersebut ada Bupati dan Kapolres sebagai pembinanya. Selanjutnya juga ada Asisten perekonomian dan pembangunan Setda KSB, Kadis Perhubungan dan Kadis PUPRPP masing masing sebagai Ketua 1, Ketua 2 dan Ketua 3. Sementaran untuk posisi bendahara dan sekretaris masing masing dipegang oleh Kepala BPKD dan Sekdis Perhubungan. Selanjutnya untuk anggota masing masing diisi oleh Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub, Kasat Lantas Polres KSB, Kabid Bina Marga PUPRPP, Kabid Fisik Bappeda dan Ketua Organda KSB. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Distan Berikan Bantuan Bibit Cabai dan Tomat ke Petani

ArkiFM Friendly Radio

Pelantikan PPS Tetap Berlangsung Sesuai Jadwal

ArkiFM Friendly Radio

Pulau Sumbawa Rawan TPPO Bermodus Jasa Pemberangkatan Buruh Migran

ArkiFM Friendly Radio