ARKIFM NEWS

DPUPRPP KSB Siap Layani Penyedotan Saptic Tank

Foto: Kabid Cipta Karya, Burhanuddin Harahap, ST. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPRPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB),┬ásiap melayani penyedotan saptic tank untuk masyarakat secara gratis.

“Kami mengimbau masyarakat KSB yang Saptictanknya sudah penuh, untuk menghubungi langsung DPUPRPP melalui Bidang Cipta Karya,” ujar Kepala DPUPRPP melalui Kabid Cipta Karya, Burhanuddin Harahap, ST kepada arkifm.com, beberapa waktu lalu.

Dalam memaksimalkan penyedotan, DPUPRPP telah berinovasi dengan membuat aplikasi yang diberi nama Go Pinki. Dalam aplikasi tersebut, dapat diketahui pasti jadwal penyedotan, sehingga penyedotan menjadi terukur dan terjadwal.

“Untuk Saptic tank yang sudah dibagi 2018 lalu, maka di tahun 2021 akan ada peringatan dari aplikasi tersebut. Jadi ada atau tidak ada yang nelfon, kalau sudah masuk jadwalnya maka kita akan lakukan penyedotan,” jelas Bur, sapaan akrab pria yang dikenal ramah itu.

Sementara untuk armada penyedotan, kata Bur, pihaknya saat ini sudah memiliki 3 unit armada. Sehingga untuk layanan telfon dari masyarakat, masih bisa terpenuhi. Meski demikian, kedepan dengan target penyedotan terjadwal, dirinya berharap ada penambahan 1 unit armada lagi.

“Dalam waktu dekat, kita akan adakan satu unit armada lagi. Namun yang menjadi kesulitannya saat ini, yaitu tenaga yang membawa armada tersebut. Jadi sedikit yang minat karena kerjaannya mengurusi tinja manusia, sehingga kami berfikir untuk mengusulkan insentif yang lebih bagi petugas penyedotan tersebut,” terangnya.

Sedangkan untuk instalasi pengelolaan tinja, lanjut Bur, pihaknya sampai saat ini tetap standby. Jadi, tinja dikelolah menjadi kompos organik, yang komposnya bisa diambil oleh masyarakat.

“Untuk tanaman hias seperti bunga, sudah ada bukti yang kita lihat hasilnya tanamannya lebih subur. Sementara untuk tumbuhan yang bisa dikonsumsi, belum berani kita rekomendasikan, karna belum ada penelitiannya secara ilmiah,” tandasnya. (Adv/Enk. Radio Arki)

Related posts

Jelang Pelantikan Presiden, NU KSB Imbau Warga Jaga Kondusifitas

ArkiFM Friendly Radio

Wagub : KSB Jadi Acuan Provinsi NTB 100 Persen ODF

ArkiFM Friendly Radio

Impor Komoditi Pangan Pengaruhi Daya Beli Masyarakat Miskin Di KSB