ARKIFM

Libatkan Serikat Buruh, Disnakertrans KSB Gelar Peringatan May Day

Foto: Penyerahan SK konsultasi dan aduan pembayaran THR. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar kegiatan peringatan May Day di Vescobar Cafe dan Resto, Sabtu (1/5). Kegiatan yang dirangkaikan buka puasa bersama Serikat Buruh, Pemda KSB, Polri dan pengusaha tersebut, dihajatkan untuk merayakan hari buruh sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2021.

Kepala Disnakertrans KSB, melalui kabid hubungan industrial dan perlindungan tenaga kerja, Tohiruddin, SH mengatakan, bahwa kegiatan May Day yang difasilitasi oleh Disnakertrans, merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka penataan masalah ketenagakerjaan yang sangat kompleks di KSB.

“Untuk itu, pemerintah hadir untuk memfasilitasi perayaan May Day 2021 dengan kegiatan positif, sekaligus mengingat saat ini kita dalam situasi penanganan pandemi Covid-19 dan bulan puasa,” ujar Tohir, sapaan akrabnya.

Mengambil momentum May Day 2021, sambung Tohir, Disnakertrans KSB, Serikat pekerja/Serikat buruh juga menyampaikan turut berduka cita, terkait kecelakaan kerja yang merenggut nyawa salah satu pekerja di lokasi tambang batu hijau beberapa waktu lalu. “Turut berduka cita, semoga keluarga korban diberikan ketabahan dan kecelakaan kerja tidak kembali terulang dikemudian hari,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan SK dan spanduk pembentukan cabang posko konsultasi atau aduan pembayaran THR keagamaan kepada camat Se KSB dan ketua Serikat pekerja serikat buruh, yang tercatat pada Disnakaertrans.

“Kita merangkul semua pihak, agar bersama sama melakukan pemantauan, sekaligus mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di setiap kecamatan,” terangnya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Asisten 3, Wakapolres dan Kepala Balai pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa dan jajaran pengawas ketenagakerjaan, dimanfaatkan oleh Disnakertrans untuk membuka ruang diskusi terkait isu terkini soal ketenagakerjaan.

“Ada juga ruang diskusi teknis bersama Disnakertrans KSB dan Balai Pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa. Kita menyerap aspirasi dari serikat pekerja terkait isu tenaga kerja, sekaligus update pelaksanaan pemeriksaan khusus pengawas terkait kecelakaan kerja dibatu hijau yang kini menjadi atensi,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Bawahi 30 Home Industri, ‘Rumah Abon Taliwang’ Cari Distributor Resmi  

ArkiFM Friendly Radio

Aksi Hari Buruh, SBSI KSB : Bupati Idealnya Juga Menjadi Tim Penyelamatan Pekerja

H.M Syafruddin Ajak Warga Alas Barat Maknai Perbedaan Sebagai Kekuatan

ArkiFM Friendly Radio