ARKIFM

KKNT Mahasiswa Undova Dilakukan Berbasis Kampus

Foto: Mahasiswa saat mengikuti pembekalan dan pelepasan mahasiswa KKNT Undova. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) mahasiswa Universitas Cordova Indonesia (Undova), kini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Jika sebelumnya kegiatan dilaksanakan di Desa Desa, sekarang KKNT justru digelar di lingkungan kampus Universitas Cordova.

Kebijakan menggelar KKNT Undova berbasis kampus diambil, mengingat saat ini kondisi bangsa masih tengah berjibaku melawan pandemi Covid-19. Belum lagi sejalan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah.

Wakil Rektor III Undova, Junaidi Efendi, ST.,MT mengatakan, bahwa kondisi pandemi dan pelaksanaan PPKM menjadi alasan utama, mengapa KKN Tematik Undova 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“KKNT tahun ini dieglar dengan konsep baru, yakni berbasis kampus. Alasannya yang paling utama, karena kita dalam masa PPKM, sehingga kegiatan juga wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Junaidi, pada acara pembekalan dan pelepasan mahasiswa KKNT Undova, Senin (9/8).

Meski dilaksanakan di masa pandemi, Junaidi berharap kepada tenaga pendidik, dosen pembimbing lapangan dan para mahasiswa peserta KKNT agar maksimal. Tentunya dengan menjalin interaksi yang baik dengan masyarakat, menyalurkan ilmu, membantu masyarakat, sehingga dapat mengurangi permasalahan yang ada di lapangan.

“Dengan begitu, mahasiswa nantinya bisa dikenal ditengah-tengah masyarakat sebagaimana tujuan utama dari pelaksanaan KKNT,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Riset Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LRP2M) Universitas Cordova, Akhairuddin S.Pd.Si., M.Pd mengatakan, pelaksanaan KKNT dilakukan di lingkungan kampus, dengan mengusung konsep “KKNT Uundova Berbasis Kampus untuk Undova Lebih Baik”.

“Ide dan konsep tersebut muncul, terkait dengan masih berlangsungnya penerapan PPKM level 3,” imbuh Heru, sapaan akrab Kepala LRP2M.

Heru juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa peserta KKNT. Ia berharap mahasiswa peserta KKNT bisa memberikan contoh yang baik bagi adik-adik mahasiswa Universitas Cordova.

“Saya berharap kalian dapat memberikan warna baru bagi adik-adik kita selanjutnya. Kita bukanlah kampus negeri, tetapi kita ingin merangsang semangat anda, jiwa anda, inspirasi anda, anda keluarkan disini. Kita lahirkan dan optimis di masa mendatang banyak pemimpin-pemimpin muda lahir dari Universitas Cordova,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah mahasiswa peserta KKNT Undova tahun ini berjumlah 43 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 21 perempuan. Peserta KKN tersebut diantaranya berasal dari Fakultas Teknik 18 orang, Fakultas Ekonomi 10 orang, FISIPOL 8 orang, FKIP 5 orang dan Fakultas Pertanian 2 orang. Selain itu juga didampingi oleh 3 dosen pembimbing lapangan. (Indra. Radio Arki)

Related posts

Panwas KSB Tertibkan Paksa APK Cagub NTB  

ArkiFM Friendly Radio

BNN KSB Temukan Rakitan Rokok Elektrik Berbahaya Di Anak-Anak

ArkiFM Friendly Radio

PPP Masih Membuka Ruang Kandidat Lain Berpasangan Dengan Nurdin Raba

ArkiFM Friendly Radio