ARKIFM NEWS

Dorong Peningkatan Capaian SDGs, Tiga Desa di KSB Ikuti Pelatihan Desa Pilot

Foto: Sekdis Bappeda, Pelaksana dan Peserta Pelatihan Desa.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengikuti pelatihan desa pilot KSB, di Aula Kedai Sawah selama 2 hari, mulai tanggal 19 hingga 20 Januari 2022. Ketiga desa tersebut yakni, Desa Seran Kecamatan Seteluk, Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang dan Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea.

Kegiatan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa ini, merupakan bagian dari program kerja sama antara B_Trust Advisory Group, Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia (KPRI) dan Komisi Uni Eropa untuk Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan NGO lokal, yakni Lembaga Kabar Bumi Sumbawa Barat, Dea Guru Institute dan Al Islah.

Pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas bagi Pemerintah Desa atau program Program Peduli SDGs, kemudian diwujudkan dalam bentuk pelatihan yang mencakup penyampaian pengetahuan dan pemahaman, serta pengembangan kemampuan untuk mengimplementasikan dan meningkatkan SDGs dalam penyelenggaraan pembangunan desa.

Sekretaris BAPPEDA dan LITBANG KSB, Taufik Hikmawan, S.Psi.,M.Si membuka langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Taufik mengatakan bahwa warga Sumbawa Barat sangat egaliter dan asal usulnya sangat heterogen.


“Artinya kita sangat terbuka terhadap hal hal yang baru. Termasuk juga menerima perbedaan pendapat. Oleh karena itu, saya berharap kepada narasumber, untuk mencurahkan saja semua ilmunya dan kita siap menyerap semuanya, untuk kemudian diimplementasikan sesuai kapasitas kita masing masing,” tandas mantan Camat Seteluk itu.

Sebelumnya, Mokh Ikbal, selaku Program Manager B_Trust dalam siaran persnya mengatakan, dalam 2 tahun terakhir, program ini telah berfokus pada peningkatan kapasitas Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang diarahkan sebagai bagian dari persiapan untuk berkolaborasi dengan pemerintah, terutama Pemerintah Desa setempat dalam mendukung penerapan SDGs di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kolaborasi dalam mendukung dan menerapkan SDGs tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan rencana kerja innovasi berskala kecil di Desa setempat yang di gagas oleh OMS. Setelah peningkatan kapasitas OMS, maka yang penting selanjutnya adalah pelatihan Pemerintah Desa agar kolaborasinya nanti semakin sukses dan semakin kontributif,” tukasnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Sumbawa Barat, B_Trust dan Kepala Desa Sapugara Bree. Turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini dari berbagai unsur, yaitu Kepala/Sekretaris Desa, Ketua Bumdes dan Ketua BPD dari Desa Seran, Desa Batu Puith dan Desa Sapugara Bree. (Enk. Radio Arki)

Related posts

LPW NTB: Visi NTB Gemilang, Jangan Sampai Berubah Menjadi Sampah Gemilang

ArkiFM Friendly Radio

Seorang Pria di Brang Rea Tewas Mengenaskan

ArkiFM Friendly Radio

Teken MoU, ASN di Kota Mataram Diharapkan Jaga Netralitas

ArkiFM Friendly Radio