ARKIFM NEWS

2.196 Personel Aparat Gabungan dan Detasemen K9 Amankan MXGP

Foto: Kabid Humas Polda NTB, saat kunjungan pengamat wilayah di Mapolres Sumbawa.

Sumbawa, NTB- Sebanyak 2.196 aparat keamanan gabungan akan mengamankan perhelatan akbar, balap motor cross kelas dunia atau MXGP di Samota, Sumbawa.

“Ada sekitar 2.196 anggota keamanan gabungan dari TNI, Polri, dan pihak terkait yang akan kita libatkan dalam pengamanan,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, (18/06/2022).

Menurut Kabid Humas, dari 2.196 tersebut, terdiri dari anggota TNI dan Polri serta ditambah dari berbagai stakeholder.

“Jumlah anggota Polri sebanyak 1.860 terdiri dari personel Polda NTB, Polres Sumbawa, Brimob Polda NTB, Brimob dari Mabes Polri, Obvit Mabes Polri, Samapta Mabes Polri dan anggota BKO dari polres jajaran,” katanya.

Kemudian, lanjut Kombes Pol Artanto, dari anggota TNI Kodim 1607 Sumbawa sebanyak 140 personel dibantu sebanyak 196 personel dari Pol PP dan Dishub Pemda Sumbawa serta pihak terkait lainnya.

Pengamanan juga melibatkan personel Pam Samapta Mabes Polri, yang merupakan pasukan K9 untuk antisipasi bahan peledak dan narkoba. Pam Obvit juga akan bertugas sebagai cheek door di sirkuit.

“Pam Obvit Detasemen K9 merupakan Pasukan Anjing Pelacak,” Kabid Humas menjelaskan.

Dikatakan, selain personel Polri dari Polda NTB, pengamanan juga melibatkan langsung anggota Brimob Mabes Polri.

“Anggota Brimob dari Mabes Polri nanti akan bertugas sebagai penghalau drone yang kemungkinan ada yang terbang saat race berlangsung,” katanya.

Ribuan personel pengamanan gabungan ini nantinya akan bertugas selama balapan baik di pos pengamanan, pos penyekatan serta pengamanan sekitar sirkuit. (*)

Related posts

Kembali ke Senayan, Luthfi Akan Bekerja Lebih Maksimal

ArkiFM Friendly Radio

Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Mulai ‘Fogging’ Mengantisipasi DBD

ArkiFM Friendly Radio

Pemerintah Desa Batu Putih Mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

ArkiFM Friendly Radio