ARKIFM NEWS

Tampil di Momen HUT RI, Tarian ‘Isong Bale’ Pukau Tamu di Istana Negara

Foto: Tim tari Sumbawa Barat.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Tim Kesenian Sumbawa Barat, diberikan kepercayaan oleh panitia Hari Besar Kemerdekaan RI untuk tampil mengisi acara pada HUT RI ke 77 di Istana Negara. Sebanyak 100 seniman Sumbawa Barat, menampilkan seni tari daerah dengan judul “Isong Bale” menjelang upacara penurunan bendera.

Tim tari tampil memukau dihadapan para tamu undangan. Nampak para penari memainkan gerakan yang terdiri dari gerakan tari kolong, tari kebo, tari barinas, dan tari kenre pasakomong, yang diikat menjadi satu kesatuan judul tari yaitu tarian ‘Isong Bale’.

Tarian yang berdurasi 12 menit tersebut, menggambarkan semangat gotong royong masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tema tarian ‘Isong Bale’, tampil bersama 4 kesenian lainnya.

Materi yang ditampilkan, serta makna yang terkandung di dalam tarian ‘isong bale’ mencerminkan nilai nilai kebersamaan dan gotong royong di dalam masyarakat yang merupakan sari pati dari nilai –nilai luhur kehidupan masyarakat bangsa Indonesia. Gotong royong dianggap sebagai perekat semangat kebangsaan untuk mampu kembali bangkit dari keterpurukan setelah wabah Covid 19.

Dengan perpaduan kostum kuning dan merah, para penari memainkan perannya dan berupaya memberi makna terhadap masing–masing gerakan yang mereka tampilkan. Dengan hentakan irama gong genang diikuti tiupan suara serunai, turut meramaikan suasana perhelatan peringatan peringatan HUT RI ke 77 tersebut.

Bupati Sumbawa Barat dalam kesempatan tersebut dapat menyaksikan langsung bersama para tamu undangan lainnya. Tim tari yang telah mempersiapkan dirinya sejak satu bulan sebelum keberangkatannya menuju Jakarta tersebut, akhirnya berhasil menyuguhkan penampilan terbaiknya dihadapan para tamu undangan. (*)

Related posts

AMMAN Luncurkan Program Percepatan Penanganan Stunting

ArkiFM Friendly Radio

TNI Polri Bersinergi Padamkan Si Jago Merah di Mess Karyawan Bintang Bano

ArkiFM Friendly Radio

Musda IKADIN NTB, Dua Kandidat Calon Ketua Daftarkan Diri

ArkiFM Friendly Radio