ARKIFM NEWS

KSB Gencar Kampanyekan Gerakan “Kebas Stunting”

Foto: Kepala DP2KBP3A KSB, H. Tuwuh, S.AP

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) gencar mengkampanyekan “Kebas Stunting”.

Diketahui, gerakan “Kebas stunting” merupakan kepanjangan dari “Keluarga Bahagia Bebas Stunting”. Inovasi pelayanan DP2KBP3A tersebut terdiri dari tiga pilar utama, yaitu Cegah, Tangani, Pertahankan.

“Tiga pilar maksudnya melakukan pencegahan munculnya stunting, ditangani yang sudah terlanjur Slstunting dan mertahankan yang sudah bebas stunting,” kata Kepala DP2KBP3A KSB, H. Tuwuh, S.AP, belum lama ini.

Melalui sosialisasi yang intensif dilaksanakan saat ini, Tuwuh optimis inovasi atau brand dari DP2KBP3A KSB ini bisa maksimal dilaksanakan. “Nah, saat ini sedang kami sosialisasikan ke masyarakat,” ujar H Tuwuh.

Sejauh ini, sambung dia, untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat terdapat sembilan lokus penanganan kasus Stunting. Hal itu dikarenakan ada yang rentan, sehingga perlu penanganan serius dalam bentuk tindakan penanganan dan pencegahan.

“Jadi bentuk intervensinya, salah satunya seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT), termasuk juga tindakan pencegahan dengan melakukan pemeriksaan terhadap calon pengantin,” kata dia.

“Kita juga memastikan kondisi golongan beresiko. Jika beresiko, maka kami melakukan pencegahan sedini mungkin bersama Dinas Kesehatan dalam hal memastikan asupan gizi bagi remaja putri,” tandas dia. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Edarkan Sabu, Kakek Kakek di Maluk Diringkus Polisi

ArkiFM Friendly Radio

Bupati KSB Sampaikan Strategi Penuntasan Sanitasi di Forum UNICEF

ArkiFM Friendly Radio

Kapolres KSB : Hati-Hati Paham Yang Mengajak Kepada Radikalisme

ArkiFM Friendly Radio