NEWS

Desa Tepas Sepakat Komitmen Menghapus Kemiskinan Esktrim

(Keterangan gambar : Kepala Desa Tepas Sepakat, Khairuddin)

Brang Rea. Radio Arki – Kepala desa Tepas Sepakat, Khairuddin, Senin (5/12) tadi pagi, mengatakan berkomitmen untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim di wilayah setempat. Karena program tersebut merupakan bagian dari tuntutan prioritas nasional dan desa.

“insya allah kami segera akan laksanakan verifikasi dan validasi data kemiskinan ekstrim di sini (tepas sepakat). Kebetulan datanya sudah kami pegang,” terangnya.

Ia menjelaskan, verifikasi dan validasi kemiskinan ekstrim di tepas sepakat tentunya akan mengikuti mekanisme yang ada, yaitu akan digelar melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus.red). Dalam petunjuk tersebut, pihaknya hanya akan mengecek keberadaan dari warga yang bersangkutan. Sementara, jika ditemukan adanya ketidak sesuaian kondisi, maka pihaknya akan berkoordinasi atau mencantumkan keterangan pada format yang telah diberikan.

Dalam proses musdesus tersebut, ada beberapa pihak yang akan dilibatkan. Baik itu, otoritas Pemeritahan desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, dan agen Pusat Kesejahtraan sosial (Puskesos) di desa.

Meski demikian, ia mengaku, sesuai dengan priortas penggunaan dana desa tahun 2023, program penghapusan kemiskinan ekstrim di desa tepas sepakat telah mulai akam dilakukan. Sebut saja, program BLT Dana Desa ataupun program pemberdayaan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkam ekonomi masyarakat setempat.

Seperti diketahui program penghapusan kemiskinan ekstrim telah termaktub dalam instruksi presiden nomor 4 tahun 2022. Dalam instruksi tersebut telah ditetapkan alur dan pembagian tugas dalam penghapusan kemiskinan ekstrim. Termasuk verifikasi dan validasi data penghapusan kemiskinan ekstrim oleh desa, penetapan data oleh bupati dan juga termasuk pembagian program pada masing-masing kementerian dan tingkatan pemerintahan. (Iwenk/advertorial. Radio Arki)

Related posts

Bupati Hadiri Reuni Akbar Lintas Alumni SPP-SPMAN Mataram di KSB

ArkiFM Friendly Radio

Heboh! Mayat Dimutilasi Terjadi di Sumbawa

ArkiFM Friendly Radio

Malikurrahman, SH & Associate Resmi Tangani Kasus Dugaan Pemerasan BUMDes Sumbawa

ArkiFM Friendly Radio