ARKIFM

Antisipasi Penyakit Lingkungan, Pemda KSB ‘Sweeping’ Sampah Bekas Banjir

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat bersama TNI Polri mulai bergerak cepat menyelesaikan masalah yang timbul pasca banjir. Salah satu sampah bekas banjir.

‘’Sampah bekas banjir langsung kita tangani. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah mengerahkan semua unit yang ada untuk membersihkan sampah bekas rob,’’ jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST, M.Si.

Selain kendaraan khusus pengangkut sampah, pemerintah juga mengerahkan berbagai kendaraan bak terbuka. Proses pembersihan sampah bekas banjir ini dibantu langsung anggota kepolisian bersama TNI.

‘’4 unit dam truk kita fokuskan menangani sampah bekas banjir di Kecamatan Brang sementara 6 unitnya lagi kita fokuskan di Kecamatan Taliwang,’’ paparnya.

Pemda KSB menyadari, masalah yang perlu diantisipasi pasca banjir adalah munculnya berbagai macam penyakit. Kondisi ini dapat mengancam masyarakat jika lingkungan tidak segera dibersihkan.

‘’Kita juga mulai menyedot sumur warga. Ada empat mesin air mobile kita kerahkan. Selain sumur, kami juga fokus menyedot septi tank karena banyak yang penuh akibat banjir,’’ urainya.

Semua armada termasuk milik IPLT Pemda KSB disebar disemua wilayah. Proses penyedotan dan pengurasan sumur maupun septi tank warga dilakukan bergantian.

‘’Setelah sumur dan septi tank selesai, kita juga akan segera menyedot air yang masih tergenang di rumah maupun tempat-tempat yang masih menampung bekas banjir,’’ jelasnya.

Selain alat milik Pemda KSB, penanganan pasca banjir juga dibantu Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara.

‘’Ini sedang dalam perjalanan ke KSB. Mobil ini nantinya akan difokuskan untuk menyedot wilayah atau rumah warga yang masih tergenang,’’ tutup pria yang juga menjabat kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB ini. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Dinilai Berprestasi, BKKBN RI Beri Penghargaan Ini Kepada Pemda KSB

ArkiFM Friendly Radio

Disparpora KSB Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan

ArkiFM Friendly Radio

Sandi Uno Jadwalkan Berkunjung ke KSB

ArkiFM Friendly Radio