ARKIFM

Menala Wakili Sumbawa Barat Ikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, menjadi wakil satu satunya dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penilaian lomba kelurahan tingkat provinsi NTB, dilakukan pada hari Sabtu (17/6). Rombongan tim penilai disambut dengan penampilan kesenian adat Sumbawa. Selanjutnya, Lurah Menala, menyampaikan pemaparannya terkait kondisi Kelurahan. 

Usai memperkenalkan profil Kelurahan Menala, tidak lupa Wiwik Sudiarti menyampaikan apresiasi kepada warga yang selalu menjaga semangat kebersamaan dan kekompakan dalam bermasyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh warga Kelurahan Menala yang berpartisipasi. Sebagai lurah saya tidak bisa berbuat apa apa, tanpa dukungan semua lapisan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Drs. Mulyadi, M.Si selaku Plh Sekretaris Daerah Sumbawa Barat turut menyambut kedatangan tim penilai yang melakukan klarifikasi lapangan dan penilaian di Kelurahan Menala.

Dihadapan tim penilai, jajaran Forkopimda, toga toma dan jajaran Pemerintah Kelurahan Menala, ia menjelaskan bahwa, pemberdayaan masyarakat, peningkatan pelayanan dan tata kelola pemerintahan dari daerah hingga Desa dan Kelurahan terus ditingkatkan.

“Untuk mewujudkan pemerintahan yang akuntabel, aspiratif dan kolaboratif, kami telah memiliki program andalan di Sumbawa Barat yang diberi nama Program Daerah Pemberdayaan Gotong Rotong (PDPGR),” ujarnya.

PDPGR, kata dia, merupakan alat dalam mencapai tujuan melalui nilai nilai yang diformalkan melalui Perda. Banyak hal yang diintervensi melalui program tersebut, beberapa diantaranya seperti program pariri dan bariri, pelayanan posyandu, stunting, dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah dengan semangat kebersamaan, kita berhasil melakukan banyak akselerasi, sehingga capaian capaian dari program tersebut bisa kita optimalkan. Jika ada kendala, bahkan kita bisa langsung evaluasi melalui forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan),” jelasnya.

Foto: Tim penilai saat mengunjungi dan mengecek langsung postandu

Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTB, Yus Harudian Putra, S.STP, mengapresiasi penyambutan yang sangat meriah dari masyarakat Kelurahan Menala. 

Melihat semangat masyarakat yang luar biasa, ia mengungkapkan akan memberikan penilaian yang seobjektif mungkin, terutama yang berkaitan dengan rata kelola pemerintahan kelurahan yang baik dalam mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial.

“Penilaian tentu dilakukan dengan sangat objektif. Apalagi Kelurahan Menala KSB ini menyajikan sejumlah terobosan atau upaya-upaya dalam penangan dan pencegahan diantaranya soal penurunan angka Stunting,” jelasnya. 

Terobosan pencegahan dan penurunan angka stunting ini lanjut dia, memang  merupakan program yang mendesak untuk dilakukan. Sehingga dengan adanya upaya tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak yang baik terhadap penurunan angka stunting di Indonesia secara menyeluruh. 

“Apalagi ini juga terus digencarkan oleh Pemerintah Provinsi. Di KSB penanganan stunting sangat luar biasa, karena melibatkan sejumlah pihak dalam mempercepat penurunannya,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Bank NTB Cabang Taliwang Diduga Lakukan Kejahatan Perbankan

ArkiFM Friendly Radio

DPRD Sambut Positif Terbentuknya PWI di KSB

ArkiFM Friendly Radio

Berawal Pinjaman KUR, Kini Sukses Beternak Sapi

ArkiFM Friendly Radio