ARKIFM NEWS

Produksi Viber Glass Di Perusda KSB Mulai Rambah Pasar NTB

“keberadaan Perusahaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat mulai menunjukkan perannya dalam mengembangkan sektor ekonomi alternatif untuk menambah Pendapatan Asli Daerah. Setelah mengembangkan berbagai bisnis dengan model kerjasama pihak ketiga, kini model ini kembali diperkuat”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Belum setahun membangun kerjasama dengan salah satu perusahaan produksi viber glass yaitu CV Putra Andalan Marine. Kini model kerjasama penyertaan modal yang telah mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2016 tersebut, patut diperhitungkan. Pasalnya, selain telah berhasil mendongkrak pendapatan BUMD tersebut, produksi barang berbahan viber glass milik perusahaan daerah Sumbawa Barat telah mulai merambah pasar NTB.

Dikatakan Direktur Perusahaan Daerah (Perusda KSB), Sadiksyah SE,  model kerjasama di bidang produksi viber glass ini Perusda KSB bekerjasama dengan CV Putra Andalan Marine, dan telah menjadi alternatif koorbisnis yang mulai dikembangkan Perusda KSB dalam setahun terakhir. Dengan koordbisnis ini, Sumbawa Barat mulai dikenal sebagai daerah penyedia barang berbahan viber glass terbaik di NTB, seperti Sampan, safety Tank, Pipa berdiamater Besar dan beberapa jenis produksi lainya.

“ini adalah anugerah Yasinan, ditengah kami sedang mencari alternatif bisnis yang bisa dikembangkan. Kami akhirnya ketemu dengan direktur Perusahaan yang memproduksi barang ini di forum Yasinan. Setelah melakukan penjajakan dan melihat peluang bisnis yang menjanjikan jadi kami meyakinkan diri  untuk mau menyertakan modal di bisnis ini.” Terangnya, Rabu (16/8) sore tadi, di ruang kerjanya.

Ada banyak keuntungan dalam kerjasama yang telah dibangun hampir setahun tersebut. Pertama, selain mendapatkan keuntungan beberapa persen dari perusahaan yang menjadi mitra dalam hal produksi tersebut. Kedua, ada serapan ketenagakerjaan yang cukup besar. Dimana tercatat, ada sekitar 152 karyawan yang telah dipekerjakan perusahaan ini, dan akan terus bertambah seiring dengan penambahan permintaan di pasar NTB, ataupun kebutuhan di Sumbawa Barat.

Direktur Perusda KSB dengan Direktur CV Putra Andalan Marine sedang melihat langsung hasil produksi viber glass berupa Sampan.

“kita sudah tembus di Mataram, dan termasuk Sumbawa. Kedua kabupaten ini membutuhkan Pipa Ukuran besar dari viber glass, dan perusahaan mitra bisnis kita kemarin menang dalam tander proyek tersebut.” Terangnya.

Sementara itu, Direktur CV Putra Andalam Marine, Engkus Kuswoyo, mengatakan, kerjasama ini akan terus dibangun. Apalagi seiring dengan waktu juga terus berkembang. Bahkan terakhir, hasi produksi viber glass jenis Pipa untuk ukuran besar juga telah mulai diminati perusahaan di Papua.

“kemarin kita sudah tembus Mataram dan Sumbawa. Jadi kami optimis akan terus berkembang. Termasuk terakhir kami juga sudah dapat proyek untuk safety tank dari kementerian, dan safety tank juga bisa dikembangkan di KSB apabila pemerintah berminat.” Ujar Edwin, ia akrab disapa.

“standar kualitas yang kita produksi itu berlisensi internasional. Dan kami berani adu kalau bicara kualitas.” Demikian, tutup Edwin. (Unang Silatang. Radio Arki)

Related posts

Diduga Bermain Perkara, Hakim PN Mataram Dilaporkan ke KPK

ArkiFM Friendly Radio

Carvajal: Tak Ada Juara Grup yang Mau Hadapi Madrid

ArkiFM Friendly Radio

Demo Tolak Jokowi Tiga Periode di NTB Kondusif, Kabid Humas Ucapkan Terimakasih

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment