ARKIFM NEWS

KSB Dapat Penghargaan Nasional Atas Penerapan Intergrasi Pelayanan Kesehatan

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali mendapat penghargaan nasional di bidang kesehatan. Kali ini penghargaan yang didapatkan yaitu dari Kementerian Kesehatan sebagai Kabupaten Lokus Pilot Project Penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati KSB yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan KSB, Hj Erna Idawati atas kesuksesan sebagai Kabupaten Lokus Pilot Project Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Indonesia.

Penyerahan penghargaan berlangsung dalam acara Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Grand Ballroom Hotel JI Expo Convention Center Jakarta, Kamis pagi 31 Agustus 2023.

Kabupaten Sumbawa Barat sendiri ditetapkan sebagai lokus pilot project penerapan integrasi pelayanan kesehatan primer sejak tahun 2022 lalu.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada Jum’at 14 Oktober 2022 lalu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung kesiapan fasilitas kesehatan di Kecamatan Jereweh KSB untuk  mengintegrasikan dan merevitalisasi pelayanan kesehatan primer.

Menkes yang saat itu didampingi Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Bupati KSB H. W Musyafirin, juga melihat langsung pelaksanaan pelayanan kesehatan di Dusun Jelenga, Desa Beru dan di Desa Goa.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi Pemda KSB yang disebutnya berhasil dalam pelaksanaan uji coba integrasi pelayanan kesehatan primer.

“Pelaksanaan posyandu keluarga di Dusun Jelenga, Posyandu primer di Desa Gowa dan Instalasi Pelayanan Primer Puskesmas Jereweh ini sudah sangat baik,” ucapnya disela-sela kunjungan.

Menkes menegaskan, Puskesmas dan Posyandu harus direvitaliasi. Ia mengungkap, 80 Persen prioritas anggaran Kemenkes untuk rumah sakit. Kebijakan ini untuk menjaga masyarakat Indonesia tetap sehat.

“Untuk menunjung dibutuhkan kelembagaan yang baik dan tertata. Fokus layanan distandarkan, apa yang kurang dilengkapi dan fokus layanannya kesehatannya standar, semuanya dilakukan secara digital,” tukasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

5.000 Septic Tank di KSB Akan Disedot

ArkiFM Friendly Radio

Petani Rumput Laut Kertasari Bakal Terima Bantuan Rp 260 Juta

ArkiFM Friendly Radio

Fasilitasi Warganya Menikah, Bupati Beri Pesan Mendalam

ArkiFM Friendly Radio