ARKIFM

Tarian ‘Ulanku Tepasku’ Diproyeksikan Tampil di Istana Negara 2024

Foto: Salah satu gerakan tarian kolosal ”’Ulanku Tepasku’

Sumbawa Barat. Radio Arki – Tarian kolosal ‘Ulanku Tepasku’ yang ditampilkan di malam puncak Hari Lahir (Harlah) Desa Tepas ke-112, berhasil memukau penonton dan tamu undangan.

Tarian yang melibatkan 60 penari yang terdiri dari anak anak pelajar, anggota TP PKK Desa Tepas dan AGR Desa Tepas tersebut, diproyeksikan akan tampil di Istana Negara, pada momen Hari Kemerdekaan tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diutarakan oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM saat memberikan sambutan pada Harlah Desa Tepas ke-112, di Lapangan Dedara Pitu Tepas, Sabtu malam (2/9).

Tarian kolosal dibawah binaan TP PKK Desa Tepas tersebut, menurut Bupati, memiliki gerakan yang luar biasa dan mudah dipahami oleh penonton. Hal tersebut terlihat dari antusias penonton pada setiap gerakan yang disambut riuh tepuk tangan.

Foto: Salah satu gerakan tarian “Ulanku Tepasku”.

“Saya sangat mengapresiasi penampilan tadi. Kalau kita lihat tarian ‘Ulanku Tepasku’, ada cikal bakal untuk tampil di istana negara pada HUT RI tahun 2024 mendatang,” katanya.

Jika dimungkinkan tampil di Istana Negara, sambung Bupati, perlu ada beberapa gerakan yang disempurnakan, seperti ada salah satu gerakan tangan yang menyamping, diganti dengan gerakan tangan maju mundur.

“Masih ada kesempatan kita perbaiki. Insyaalalh di tahun 2024 Desa Tepas akan tampil di instana negara,” ucap Bupati, disambut tepuk tangan tamu undangan dan penonton.

Sebelumnya, Kepala Desa Tepas, Hendra Kusuma menjelaskan, tarian kolosal ‘Ulanku Tepasku’ merupakan bentuk sosialisasi gerakan kecil Pemerintah Desa dalam aksi bangun jalan fikiran melalui pemberdayaan.

Foto: Bupati KSB, Asisten II KSB, Ketua TP. PKK Desa Tepas, Camat Brang Rea, Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Desa Tepas saat pose bersama puluhan penari kolosal ‘Ulanku Tepasku’.

Gerakan tersebut menjadi dorongan dalam melahirkan ekonomi kreatif desa yang berkelanjutan, serta mendorong maju peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam penguatan ketahanan pangan di Desa Tepas.

Kesempatan untuk menampilkan kesenian tari dari Sumbawa Barat di Istana Negara tahun 2024 mendatang bukanlah hal mustahil. Sebelumnya, tim kesenian Asal Kabupaten Sumbawa Barat sudah pernah mendapatkan kesempatan menghibur tamu undangan pada puncak peringatan HUT RI di Istana Negara dua tahun berturut turut.

Pada tahun 2022, tim penari Sumbawa Barat berhasil menampilkan tarian di Istana Negara dengan tema ‘Isung Bale’. Momen tersebut kembali terulang pada tahun 2023, dimana tim penari tampil dengan materi musik temung ‘Serama Pakan Jaran’.

Tarian tersebut berhasil memukau tamu undangan VVIP pada saat sebelum pelaksanaan peringatan detik detik proklamasi. Menteri PUPR RI, Basuki Hadimoeljono, memberikan apresiasi kepada tim tari Sumbawa Barat dengan ikut menari diiringi alunan musik khas Sumbawa tersebut. (Enk. Radio Arki)

Related posts

NTB Ingin Aman dan Tetap Produktif, Sanksi Tak Pakai Masker Mulai Diberlakukan

ArkiFM Friendly Radio

Pembangunan Jalan Bypass BIZAM ke Mandalika Hampir Rampung

ArkiFM Friendly Radio

Ketua PGRI NTB Tanggapi Santai Rencana Keluarnya Guru Madrasah

ArkiFM Friendly Radio