NEWS

Pemda KSB Mulai Fasilitasi Terbentuk Serikat Pekerja Di Perusahaan

Keterangan : Acara FGD yang digelar disnakertrans KSB, di kedai Sawah.

Taliwang, Radio Arki- Pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) mulai memfasilitasi terbentuknya Serikat Pekerja di perusahaan, terutama di area tambang Batu Hijau. Hal itu pasalnya penting dalam mendorong hubungan industrial yang dinamis dan harmonis.


“Harus ada komitmen bersama untuk membangun hubungan industrial yang harmonis. Jadi perusahaan diharapkan lebih mau terbuka untuk memberikan ruang kepada serikat pekerja ada di dalam perusahaan,”ujar Apriadi, Kepala Bidan Hubungan Industrial, Nakertrans KSB, dalam pembukaan Fokus Group Discusion (FGD), di Kedai Sawah, Taliwang, Selasa (27/9) siang kemarin


“Begitupun dengan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh. Artinya kedepan, kita ingin hubungan serikat pekerja dan perusahaan bisa lebih harmonis, dimana ada ruang komunikasi yang lebih intens diantara keduanya.” Lanjut Boy, demikian ia akrab disapa.


Sementara itu, dalam sambutannya, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Plh Sekda KSB), Drs Mulyadi berharap, agar Serikat Pekerja atau Serikat Buruh bisa terbentuk di perusahaan. Sedangkan perusahaan dapat membantu untuk terbentuknya organisasi pekerja tersebut. Karena ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh pekerja, termasuk juga perusahaan.


“sebagai pemerintah daerah, tentu akan selalu berpegang kepada peraturan yang ada. Termasuk dalam pembentukan serikat pekerja, sehingga tidak kewenangan pemerintah dalam hal untuk membentuk Serikat pekerja, ataupun melakukan penekanan kepada perusahaan untuk membentuk serikat pekerja. Tetapi kami tetap berharap dengan adanya FGD (Fokus Grop Discusion) ini, perihal serikat pekerja dapat didorong secara bersama sama, baik perusahaan atau pengurus serikat pekerja,” tegasnya


Upaya untuk memfasilitasi terbentuknya serikat pekerja di perusahaan mulai dilakukan oleh pemda KSB. Sebagai bentuk upaya tersebut, pemda KSB, Rabu (27/9) siang kemarin, di Kedai Sawah, Taliwang menggelar FGD yang menghadirkan pihak perusahaan dan serikat pekerja untuk membentuk serikat pekerja dan melakukan upaya untuk penguatan keberadaan serikat pekerja (Iwenk. Radio arki)

Related posts

Pemdes Tepas Sepakat Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1444 H

Simulasi Tracing dan Isolasi Terpadu Digelar

ArkiFM Friendly Radio

Kejari Sumbawa Barat Lakukan Pendampingan Administrasi di Desa Tepas Sepakat

ArkiFM Friendly Radio