ARKIFM NEWS

Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2023

Sumbawa Barat. Radio Arki – Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin, meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII dengan kategori “The Best in Local Community Involvement.” Penghargaan ini diberikan oleh iNews Media Group dalam sebuah acara di MNC Conference Hall, iNews Tower Lantai 3, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/10).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menpan RB Azwar Anas dan diterima oleh Bupati Sumbawa Barat yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Drs Mulyadi, M.Si.

Pengakuan ini diberikan sebagai apresiasi atas berbagai inovasi pelayanan publik yang telah diterapkan, termasuk Forum Yasinan, Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), dan pencapaian dalam penuntasan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Sumbawa Barat.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin.,MM, menyampaikan rasa terima kasih kepada iNews Media Group atas penghargaan IVL 2023.

Ia menjelaskan bahwa salah satu fokus utama adalah mengatasi berbagai masalah ekonomi melalui pemberdayaan gotong royong. Sebanyak 700 agen gotong royong di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat terlibat dalam mengawal program kerja Pemerintah Daerah di lapangan.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa pengembangan sanitasi dan infrastruktur menjadi prioritas di Kabupaten Sumbawa Barat, dengan tujuan untuk mengurangi angka stunting. Saat ini, angka stunting di KSB sebesar 13,62%, yang merupakan salah satu yang terendah di NTB.

“Dengan bantuan agen gotong royong, data mengenai masyarakat yang tergolong miskin ekstrem telah didata, dan pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp600 ribu per bulan per KK untuk mengatasi kemiskinan ekstrem,” katanya.

Bupati juga menyebut bahwa tambang emas dan tembaga menjadi penopang utama pendapatan Kabupaten Sumbawa Barat.

Saat ini, proyek industri smelter tengah dalam tahap pembangunan. Beliau menekankan pentingnya ketahanan lingkungan untuk menjaga Sumbawa Barat sebagai destinasi pariwisata yang menarik.

Bupati berharap bahwa penghargaan ini akan memotivasi untuk terus mengembangkan ekonomi di Kabupaten Sumbawa Barat.

Untuk duketahui, Indonesia Visionary Leader merupakan program yang rutin diadakan oleh iNews Media Group sejak tahun 2017.

Program ini bertujuan untuk membantu kepala daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, dan membudayakan visi kepemimpinan mereka di wilayah masing-masing. Tahun ini, tema program IVL adalah “Pemimpin Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi,” yang sejalan dengan peran kepala daerah dalam menjaga ketahanan ekonomi di wilayahnya.

Penghargaan IVL merupakan hasil penilaian dari para dewan juri yang kompeten di bidangnya, dan mereka telah menjalani proses seleksi yang ketat. (Enk. Radio Arki)

YouTube player

Related posts

Survei : Masyarakat Jakarta Yakin Timnas Raih Prestasi

ArkiFM Friendly Radio

Menag RI Resmikan IAHN Gde Pudja Mataram

ArkiFM Friendly Radio

DISPARPORA KSB Mengucapkan Selamat Hari Aids Sedunia

ArkiFM Friendly Radio