NEWS

PINTAR dan Prakerja Berkolaborasi Mendorong Pembelajaran Pasca-Pendidikan Formal

Keterangan : Kegiatan Workshop kolaborasi untuk penguatan pendidikan yang inklusif oleh PINTAR Dan Prakerja (Sumber : dokumen Prakerja)

 

Sumbawa Barat. Radio Arki – Platform pengembangan angkatan kerja Indonesia mengadakan seri workshop bersama Prakerja dan Amman Mineral Internasional dalam rangka mendorong kolaborasi antarsektor untuk menghadirkan solusi pendidikan yang inklusif, terutama dalam mendorong pembelajaran pasca Pendidikan formal.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Cahyo Prihadi,  mengatakan Workshop yang bertemakan “pembelajaran sepanjang hayat” ini menyediakan wadah dialog bagi para pemangku kepentingan, ahli, dan masyarakat Sumbawa Barat untuk bersama-sama membahas prioritas dan langkah praktis bagi perkembangan pendidikan. Dengan fokus pada keberlanjutan pendidikan, workshop ini juga mengidentifikasi peran kunci perguruan tinggi.

“pemerintah membutuhkan sinergi dengan pihak-pihak swasta dan segenap ekosistem terkait demi mendukung efektivitas pelaksanaan program Kartu Prakerja. Seperti keterlibatan lintas sektor dibutuhkan untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan tuntutan zaman dan mendukung seluruh proses pelaksanaan program Prakerja, baik itu registrasi, penyaluran dana yang mudah dan aman, juga evaluasi program,” ujarnya melalui rilis yang diterima media ini, Kamis (16/11) malam kemarin.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Cordova, Maslia Qomar, yang juga menjadi bagian dalam workshop tersebut mengatakan, perguruan tinggi memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan ekosistem yang mendukung konsep pembelajaran pasca-pendidikan formal. Perguruan tinggi, bersama dengan pemerintah dan sektor swasta, perlu memastikan bahwa pendidikan tetap relevan dan dapat diakses sepanjang kehidupan.”

“dengan adanya acara ini, diharapkan kedepannya akan ada lebih banyak lagi kolaborasi antara sektor swasta, publik, dan lembaga pendidikan, untuk mendorong kesinambungan program pembelajaran inklusif, seperti Prakerja,” ujarnya.  

Mitra Prakerja yang Terus Berkomitmen

PINTAR memainkan peran kunci dalam program Prakerja sejak tahun 2020. Hingga saat ini, program Prakerja telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 16,4 juta warga negara Indonesia. PINTAR sebagai salah satu digital platform-nya telah aktif membantu dalam mencapai tujuan program tersebut.

Program Prakerja adalah sebuah program inklusif berupa beasiswa pelatihan yang bisa diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia dari usia 18-64 tahun. 44% penerima Prakerja berasal dari kelompok 40% termiskin di Indonesia. Pelatihan yang disediakan oleh Prakerja berhasil meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan baru hingga 18%. Di samping itu, penerima Prakerja juga memiliki pendapatan yang lebih tinggi hingga Rp122.500 dibandingkan dengan non-penerima.

Sejak berdiri di tahun 2013, PINTAR telah berhasil membantu lebih dari 30.000 siswa, 200.000 karyawan, dan 2.000.000 individu lainnya dalam meningkatkan keterampilan dan mencapai karier yang lebih baik. Sementara itu sejak tahun 2022, PINTAR telah hadir di Sumbawa Barat melalui program kemitraan dengan Amman Mineral Internasional. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 300 warga Sumbawa dan Sumbawa Barat yang mengikuti program pelatihan dan pendidikan Amman. Program-program tersebut adalah pelatihan alat berat, digital skill, network dan software engineer, serta program vokasi. (Advertorial/Radio Arki)

Related posts

Isu Penculikan Anak di KSB Menyesatkan Dan Mengkhawatirkan 

ArkiFM Friendly Radio

Rendah Minat Petani Di Sumbawa Barat Kembangkan Holtikultura

ArkiFM Friendly Radio

Nyolong HP, Pemuda di Brang Rea Ini Diamankan