ARKIFM

Tingkatkan Minat Baca, Pemda Akan Bangun Gedung Baru Perpustakaan

Foto: ilustrasi pelajar membaca di perpustakaan (Doc. ayosemarang.com)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana untuk membangun gedung baru perpustakaan, sebagai langkah nyata dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar.

Mariati S.Adm, Kabid Perpustakaan Arpus KSB, menyampaikan bahwa pembangunan gedung baru ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mempercepat peningkatan minat baca.

“Dengan adanya gedung perpustakaan yang lebih representatif dan dilengkapi dengan koleksi buku yang lengkap, kami yakin dapat mendorong minat baca masyarakat,” ujar Mariati, Rabu (6/12/2023).

Keberadaan gedung yang nyaman dan menarik, menurut Mariati, dapat memicu keinginan lebih besar dari para pembaca untuk mengunjungi perpustakaan.

“Penataan gedung perpustakaan harus memikat masyarakat agar mereka mau datang berkunjung dan merasa nyaman untuk tinggal lama sambil membaca,” tambahnya.

Pembangunan gedung perpustakaan diharapkan dapat dimulai pada awal tahun 2024. Mariati berharap bahwa dengan memulai pembangunan pada awal tahun mendatang, pihaknya dapat segera memulai program-program literasi dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama generasi muda.

“Informasi terkait proyek pembangunan gedung perpustakaan sudah siap administrasinya, kami tinggal menunggu tahun anggaran,” ungkap Mariati.

Selama ini, beberapa fungsi perpustakaan belum dapat dilaksanakan secara maksimal akibat keterbatasan fasilitas. Namun, dengan adanya gedung khusus perpustakaan, diharapkan fungsi penelitian, pendidikan, rekreasi, dan informasi dapat direalisasikan dengan lebih optimal.

“Upaya ini juga akan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan kepada masyarakat,” tambahnya.

Pemerintah KSB mengajak seluruh masyarakat, terutama para pembaca, untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan minat baca.

Selain menyediakan fasilitas yang memadai, Mariati menekankan pentingnya persiapan diri para pembaca dengan mengalokasikan waktu khusus untuk membaca, membeli buku secara rutin, dan memanfaatkan waktu menunggu dengan membaca.

Mariati juga mengimbau agar masyarakat memiliki list buku populer atau rekomendasi buku, serta bergabung dalam komunitas literasi untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman membaca.

“Dengan adanya gedung perpustakaan yang baru, diharapkan minat baca masyarakat, terutama generasi muda, dapat semakin berkembang,” tukasnya. (*/Radio Arki)

Related posts

Partai Demokrat Lakukan Gerakan Nasional Lawan Corona

ArkiFM Friendly Radio

BKN Nilai Implementasi CAT dan Pelayanan Kepegawaian KSB Terbaik

KP3AKB: Masih Banyak Warga Sumbawa Barat Takut Gunakan MKJP

ArkiFM Friendly Radio