ARKIFM

Pelajar SMAN 1 Seteluk Antusias Ikuti Sosialisasi Penulisan KTIR

Sumbawa Barat, Radio Arki – Puluhan pelajar dari SMA Negeri 1 Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat, tampak penuh antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR) Tahun 2023.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat, Aula Gedung SMA Negeri 1 Seteluk, Kamis (7/12/2023).

Kepala BRIDA KSB, melalui Kabid Litbang, Irfandi, SIP, menyampaikan tujuan sosialisasi, yaitu memberikan pengetahuan dan wawasan teknis tentang penulisan karya ilmiah kepada siswa SMAN 1 Seteluk.

Ia juga memberikan motivasi kepada para pelajar untuk mengembangkan bakat menulis karya ilmiah.

“Ini adalah kesempatan bagi kalian untuk belajar menulis, karena langkah ini merupakan awal untuk mengasah ilmu demi persiapan di bangku kuliah. Manfaatkan kesempatan ini untuk menyaring pengetahuan menulis karya ilmiah dengan sungguh-sungguh,” jelas Irfandi.

Sebagai pemateri dalam acara ini, BRIDA KSB menghadirkan Tilal Afian SPd, MPd, Dosen Universitas Cordova dan Tenaga Ahli Klinik Penelitian BRIDA KSB.

Tilal Afian menjelaskan bahwa Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR) adalah bentuk karya ilmiah yang disusun oleh siswa berdasarkan penelitian, baik secara berkelompok maupun perorangan.

“Tujuannya adalah meningkatkan minat menulis bagi generasi muda, sehingga dapat lahir peneliti handal yang memberikan kontribusi melalui tulisan atau karya ilmiah,” jelas Tilal.

Ia juga merinci berbagai jenis karya ilmiah, termasuk makalah, artikel, skripsi, tesis, dan disertasi.

Selain itu, dalam memberikan tips menulis, ia menyarankan para pelajar untuk memulai dengan menentukan ide dan topik penelitian yang menarik pembaca, serta untuk membaca dari berbagai sumber terkait.

Respon positif terlihat dari para siswa yang antusias mendengarkan pemateri, menunjukkan semangat mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam penulisan karya ilmiah remaja.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Seteluk, Warli Fitriani SPt, ikut memberikan semangat kepada siswa-siswinya untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini, terlebih dengan kehadiran pembicara dan pemateri yang sangat kompeten. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Tim Pencak Silat Sumbawa Targetkan Medali Emas di O2SN Tingkat Nasional

ArkiFM Friendly Radio

HMI Mataram Minta Semua Kader dan Rakyat Siaga Soal RUU HIP

ArkiFM Friendly Radio

KPU Launching Tahapan Pilkada KSB 2020

ArkiFM Friendly Radio