NEWS

Rizal Tandjung: Ombak di Sumbawa Barat ‘World Class’, Potensi Pariwisata Tak Ternilai

Sumbawa Barat. Radio Arki –Rizal Tandjung, legenda peselancar Indonesia, memberikan sorotan khusus terhadap potensi ombak world class di Sumbawa Barat. Rizal Tandjung menyoroti pentingnya memajukan pariwisata dengan kekayaan alamnya yang tak ternilai, yaitu ombak yang diakui sebagai “world class.”

“Ombak di sini benar-benar luar biasa. Sampai-sampai orang bule rela berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, datang ke Sumbawa Barat hanya untuk menikmati pesona ombaknya yang memukau,” ujar Rizal Tandjung, usai menghadiri crowning ceremony 2023, di Sekongkang, Senin (17/12/2023).

Ia menekankan bahwa kehadiran ombak “world class” di daerah ini menjadi daya tarik utama, yang potensial untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi lokal.

Rizal Tandjung juga memaparkan peran penting PT. Amman dalam mendukung perkembangan surfing di Sumbawa Barat. “Surfing memiliki masa depan di sini, dan kita perlu dukungan, terutama dari pihak seperti PT. Amman,” tambahnya.

Menurutnya, ombak yang spektakuler di daerah ini menjadi aset berharga yang bisa menggerakkan sektor-sektor ekonomi, termasuk real estate dan industri pariwisata.

“Istilah ‘emas’ bagi ombak, karena melalui ombak kita bisa menggerakkan beberapa sektor dan perputaran perekonomian,” jelasnya.

Ia berpendapat bahwa perubahan mindset diperlukan, di mana potensi dari pantai dan laut dapat menjadi katalisator untuk pengembangan wilayah, serta menjadi tempat untuk belajar dan bersosialisasi dengan orang dari berbagai belahan dunia.

Terkait dengan rencana membawa final liga surfing ke Sumbawa Barat, Rizal Tandjung menyadari perlunya membangun fondasi yang kuat. “Kita tidak mau bangun rumah tanpa pondasi yang kuat, lalu rubuh,” ujarnya.

Namun, ia yakin bahwa dengan modal besar berupa ombak “world class”, Sumbawa Barat memiliki potensi besar untuk menjadi tuan rumah grand final liga surfing Indonesia di masa mendatang.

“Meski saat ini final liga surfing dihelat di Pantai Kuta Bali, karena transportasi yang lebih mudah. Namun dengan airport yang diharapkan selesai tahun depan, pariwisata di Sumbawa Barat akan meledak langsung,” tutup Rizal Tandjung dengan penuh optimisme.

Potensi pariwisata yang dimiliki Sumbawa Barat, terutama melalui ombaknya yang spektakuler, semakin menunjukkan bahwa daerah ini layak menjadi destinasi unggulan bagi para peselancar dan wisatawan. (Enk. Radio Arki)

Related posts

PWI KSB Dikukuhkan, Pembinaan Wartawan dan UKW Jadi Program Prioritas

ArkiFM Friendly Radio

Jokowi Batal Ke KSB, Mendikbud Beri Uang

ArkiFM Friendly Radio

Bendungan Bintang Bano Sementara Ditutup

ArkiFM Friendly Radio