ARKIFM NEWS

Regenerasi atau lanjutkan, Musda V IJTI NTB dengan 5 calon Ketua

Mataram. Radio Arki – Banyak pihak anggota IJTI NTB menyebutkan bahwa arena kontestasi Musda V tahun 2023 ini akan berlangsung seru. Terlebih dengan kesadaran setiap anggota IJTI di NTB tentang pengaruh organisasi profesi bagi perusahaan medianya sendiri. Sehingga kiat konsolidasi lintas perusahaan media televisi itupun mulai dilakukan dan bahkan terprogres menjadi pertarungan untuk perebutan prestasi bagi perusahaannya. Khususnya oleh media televisi yang berada di daerah. 

“Banyak perusahaan media televisi yang memiliki perwakilan lebih dari dua orang di provinsi NTB. Seperti iNews atau MNC Group, SCTV – Indosiar Mataram, TVRI NTB. Lokalnya ada TV9 juga masih menggarap keredaksian produk berita. Ada para kontributor Televisi lain yang saya sebutkan menjadi suara kunci untuk memenangkan. Masing – masing mereka ini punya peluang untuk memimpin IJTI NTB berikutnya,” ujar Abdul Muis, senior jurnalis televisi di wilayah Pulau Sumbawa.

Abdul Muis mengatakan bahwa kontestasi Musda tahun ini semua anggota memiliki peluang yang sama. Jika dilihat dari jumlah anggota, masing – masing perusahaan memiliki kekuatan yang sama untuk memenangkan calon yang diusungnya. Namun dimungkinkan akan sedikit berbeda halnya dengan kontributor atau koresponden yang berada di bawah naungan koordinator wilayah pulau Sumbawa.

“Setiap media televisi bisa mencalonkan perwakilannya untuk menjadi Ketua IJTI, peluang kemenangan akan sama sesuai jumlah personelnya dilapangan. Semisal di iNews mendukung Ridha maju kembali didukung jumlah wartawannya di lapangan. TVRI dan SCTV juga bisa berbuat demikian, mengusung perwakilannya sendiri. Dan untuk Korwil pulau Sumbawa juga bisa, asal solid para kontributor ini bisa mengusung satu orang perwakilannya untuk melenggang ke arena kontestasi pemilihan Ketua IJTI NTB,” katanya.

Mengenai dinamika menuju Musda V IJTI NTB, Muis memprediksi akan banyak calon yang akan bertarung. Ia melihat jika Ridha meneruskan untuk periode ke 2 nya, maka sosok Riadis Sulhi (Kabiro SCTV) mantan Ketua IJTI NTB periode tiga dan Herman Zuhdi (Kontributor TvOne) mantan Ketua IJTI NTB periode dua juga akan bertarung.

“Selain tiga sosok petahana tersebut, besar kemungkinan juga TVRI NTB memiliki ambisi merebut posisi Ketua IJTI NTB berikutnya. Dan yang tidak kalah seru lagi Pulau Sumbawa akan munculkan satu orang calon perwakilan kontributor pulau seberang. Yang di Mataram bersiap ya,” ungkapnya yakin.

Kontributor media Metro TV wilayah Sumbawa ini membeberkan bahwa dibeberapa kesempatan pihaknya telah melakukan konsolidasi menyambut Musda V mendatang. Abdul Muis mengatakan bahwa pihaknya telah meletakkan keyakinan untuk mengusung Hendri Sumarto (Kontributor Trans7/CNN) maju sebagai calon Ketua IJTI NTB periode 2023 – 2026.

“Kami di pulau Sumbawa solid untuk mengusung Hendri jurnalis Trans7/CNN untuk mewakili suara dukungan kami. Hak pilih kami tidak bisa di tolerir lagi, tidak bisa ditawar lagi oleh calon lain. Sudah saatnya Sumbawa memegang nahkoda IJTI NTB berikutnya,” tegas dia.

Musyawarah Daerah (Musda) ke V (lima) Pengurus Daerah IJTI NTB akan digelar pada 22 – 23 Desember 2023 mendatang di SAME Hotel Mataram. (*/Radio Arki)

Related posts

Danrem WB Tegaskan Akan Memberikan Pelayanan Maksimal Kepada Korban gempa

ArkiFM Friendly Radio

Jelang Perekrutan Tahap Dua, Pencaker Diminta Siapkan Diri

ArkiFM Friendly Radio

Pol PP Memberikan Ingkatkan Bakal Tindak Refresif PKL Ilegal

ArkiFM Friendly Radio
error: Content is protected !!