NEWS

Kades Manemeng Dorong Penguatan Kelompok Perikanan

Keterangan : penyuluhan tentang kelompok perikanan di desa

Brang Ene. Radio Arki – Sejumlah kelompok perikanan di desa Manemeng mulai menggeliat. Untuk mendorong hal tersebut, kepala desa Manemeng berharap agar kelompok ini dapat membentuk gabungan kelompok perikanan (GAPOKAN)  agar dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap perekonomian masyarakat setempat.

“saya berharap Gapokan nantinya bisa bekerja sama dengan BUMDes yang ada untuk memasarkan hasil perikanan dan dengan sinergi ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperluas pasar produk perikanan Desa Manemeng,” harap kades Manemeng, Jayadi dalam sambutannya pada kegiatan penyuluhan perikanan di kantor desa setempat, Rabu 29 Mei 2024 kemarin.

Kelompok perikanan desa Manemeng saat ini, melakukan pembudidayaan ikan air tawar dengan metode kerambah di aliran sungai desa setempat. program pembudidayaan tersebut awalnya didorong oleh pemerintah desa melalui dana desa. Ada 5 kelompok perikanan desa yang dibentuk, dengan jumlah tersebut kades berharap dapat terus bertambah dan dibangun kemitraannya agar berkembang.

“Kelompok yang ada ini baru permulaan, kita ingin ini berkembang, tetapi perlu penguatan kemitraan dan penambahan ilmu tentang bagaimana pembudidayaan yang efektif yang sesuai dengan kondisi desa,” ujarnya.

Sementara itu, penyuluh perikanan dari Dinas Perikanan setempat yang hadir dalam acara tersebut, Sri Ahdyanti, S.Pi menyampaikan harapannya agar gabungan kelompok perikanan (GAPOKAN) bisa  memajukan kelompok perikanan yang ada.

“Saya harap dengan  gapokan ini akan ada unit unit usaha yang kedepannya bisa  menjadi landasan untuk bisnis dan bisa menjadi solusi, dan tempat diskusi,” ujarnya

” adanya Gapokan, akan lebih mudah terorganisir dan memaksimalkan potensi perikanan di Desa Manemeng,” demikian, Yanti. (Adv/Iwenk. Radio Arki)

Related posts

Desa Mujahidin Jadikan Ronda Malam Sebagai Kebiasaan Sosial

ArkiFM Friendly Radio

Permenkeu BLT DD 2021 Belum Dikeluarkan

ArkiFM Friendly Radio

Keluarga Besar Balai KPH Sejorong Mataiyang Mangucapkan Selamat HUT KSB Ke-18

ArkiFM Friendly Radio