NEWS

Programkan Jalan Usaha Tani, Kades Sahril Ingin Produktifitas Pertanian Meningkat

Keterangan : Kepala Desa Batu Putih, Sahril saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Taliwang. Radio Arki- Pemerintah Desa Batu Putih kecamatan Taliwang, menganggarkan pembiayaan untuk program Pembangunan jalan usaha tani pada lahan produktif di Kawasan Liang Ali, yaitu area Perkebunan dan persawahan desa setempat.

Dalam wawancaranya dengan media ini, Selasa 16 Juli siang tadi, Kepala desa Batu Putih, Sahril mengatakan Kawasan tersebut adalah Kawasan produktif untuk lahan jagung, sehingga dengan adanya jalan usaha tani tersebut, diharapkan akan mampu meningkatkan produktifitas dengan adanya kemudahan akses pada lahan tersebut.

“lahan ini penting sebagai penopang ketahanan pangan. Utuk itu kami anggarkan program ini dari Dana Desa yang merupakan kewajiban penganggaran ketahanan pangan yang diamanahkan dalam peraturan Menteri desa,” terangnya.

Adanya program teresebut tidak terlepas dari visi misi yang termuat dalam dokumen Rencana Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Selain itu program tersebut juga merupakan usulan yang disampaikan Masyarakat pada saat penyusunan program setiap tahun, terkhusus pada tahun 2024 ini.

Besaran angagran yang dianggarkan dalam program tersebut adalah sebesar Rp 97 juta dengan Panjang jalan yaitu 122 meter dan lebar sebesar 3 meter.

“ini adalah komitmen, jadi kami berharap ini dapat sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat, karena sebagian besar warga kami adalah petani,” tandasnya.

“akses jalan ini pastinya akan mempermudah distribusi hasil pertanian, terlebih pada Kawasan tersebut, tetapi ini bukan hanya memberikan dampak kepada petani wilayah sekitar, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani secara luas.” Demikian, tutup Sahril. (Iwenk/Adv. Radio Arki)

Related posts

Minat Literasi Siswa Harus Dimulai Dari Guru

ArkiFM Friendly Radio

HUT ke-19 KSB, Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

ArkiFM Friendly Radio

Enam Hari Pencarian, Mayat Pemacing Terseret Gelombang Akhirnya Ditemukan

ArkiFM Friendly Radio