ARKIFM NEWS

Tingkatkan Partisipasi, KPU KSB Akan Gelar Sosialisasi Pemilu di Lingkar Tambang

Sumbawa Barat. Radio Arki – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah merencanakan sosialisasi pemilu di wilayah lingkar tambang. Kegiatan ini akan dilakukan baik di luar, maupun di dalam area tambang Batu Hijau.

Pada tanggal 12 Juli 2024, KPU KSB secara resmi menyampaikan pemberitahuan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah tambang terkait rencana sosialisasi ini.

Sosialisasi ini sangat penting karena melalui pesta demokrasi ini, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah sesuai dengan hati nurani masing-masing.

“Kita ingin terus tingkatkan partisipasi pemilih di wilayah lingkar tambang, yang tergolong cukup rendah,” ungkap Anggota KPU KSB, Gufran, S.Pd.I.,MM.Inov, Selasa 16 Juli 2024

Alumnus pascasarjana Univeristas Teknologi Sumbawa itu menjelaskan bahwa, rendahnya partisipasi pemilih di wilayah lingkar tambang disebabkan oleh ketiadaan kesempatan bagi karyawan untuk memilih pada hari pemilihan, karena jadwal kerja yang padat.

Oleh karena itu, kata dia, perlu ada koordinasi dengan perusahaan agar karyawan bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan amanat undang-undang.

“Kami berharap bisa diberikan ruang dan waktu untuk melakukan sosialisasi, baik di lingkar tambang maupun di dalamnya dengan berkolaborasi bersama pihak perusahaan untuk mengingatkan pemilih, agar menggunakan hak pilihnya pada hari pemilihan sehingga tujuan kami untuk menjaga hak pilih ini bisa tercapai,” terang Gufran

Perusahaan merespon baik rencana sosialisasi ini. Mereka kabarnya akan membantu KPU melakukan sosialisasi dengan menyebarkan stiker. Selain itu, KPU juga berencana memasang baliho di dalam area tambang.

“Mereka akan membantu kita melakukan sosialisasi dengan menyebarkan stiker. Kami juga berharap bisa mensosialisasikan secara tatap muka dengan karyawan yang kami tuju,” tambahnya.

Terkait jadwal pelaksanaan sosialisasi, KPU belum memberikan konfirmasi resmi mengenai agenda tersebut. Namun, Gufran menyampaikan bahwa agenda ini akan dilaksanakan secepat mungkin.

“Belum ada tanggal pastinya, tetapi lebih cepat dilaksanakan akan lebih baik,” tegasnya. (Selvi. Radio Arki)

Related posts

INDONESIA DI TENGAH ANCAMAN KRISIS EKONOMI GLOBAL 2020

ArkiFM Friendly Radio

Penuhi Target Nasional, BIN Daerah NTB Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Dampak Covid-19, Polres Lobar Berikan Dispensasi Perpanjang SIM

ArkiFM Friendly Radio