ARKIFM NEWS

Undova Berbenah, Rektor : Undova Itu Menumbuhkan Perekonomian KSB

“keberadaan Universitas Cordova telah mengantarkan pengokohan kabupaten Sumbawa Barat sebagai kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten induknya yaitu Kabupaten Sumbawa. Dalam perjalanannya Universitas Cordova telah berkontribusi nyata terhadap berbagai dimensi kehidupan sosial masyarakat Sumbawa Barat.”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Setelah kembali dinahkodai Dr.KH Zulkifli Muhadli, kini Universitas Cordova (Undova) terus melakukan berbagai penguatan struktur, termasuk didalamnya penguatan posisi alumni dalam kampus di lembaga pendidikan tinggi satu-satunya di KSB itu. Penguatan berbagai instrumen tersebut, pasalnya perlu dilakukan karena Undova juga merupakan central kekuatan yang dapat menumbuhkan perekonomian rill Sumbawa Barat.

“bisa dilihat, bagaimana Malang?. Dia hidup dan besar oleh karena dunia pendidikan tingginya. Ato coba lihat bagaimana pengaruh Undova saat kebijakan subsidi itu diberlakukan?, pertumbuhan ekonomi rill sangat jelas terlihat tumbuh pesat. Seperti kos-kosan, sarana transportasi, pedagang terus bermunculan di seputar kampus dan di Sumbawa Barat. Jadi yang perlu ditahu itu Undova adalah pendorong perekonomian KSB secara rill. ”Terang Rektor Undova, Dr. KH Zukifli  Muhadli, Selasa (13/3) siang tadi di kediamannya, Taliwang.

Menurut mantan Bupati yang akrab disapa Kiyai Zul tersebut, Undova harus dapat dijadikan sebagai milik bersama. Semua pihak harus dapat tergugah supaya memberikan kontribusi nyata kepada perguruan tinggi ini. Karena apabila dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang ada di pulau Sumbawa atau NTB, Universitas Cordova termasuk perguruan tinggi yang patut diperhitungkan dan memberikan dampak yang sangat signifikan kepada Sumbawa Barat.

Untuk saat ini, kata kiyai Zul, Sumbawa Barat memang masih sulit untuk dikatakan sebagai kota atau daerah yang memiliki daya belajar tinggi. Sehingga dunia pendidikan dapat menjadi central peradaban. Tetapi ini harus terus didorong. Karena dampak keberadaan pergurun tinggi setidaknya telah mampu untuk memberikan mutiplayer efek atau dampak lain yang cukup startegis dalam perekonomian rill.

Lebih lanjut, dalam melakukan penguatan Undova, Kiyai Zul mengungkapkan, telah menyiapkan berbagai agenda penting. Seperti stadium general yang menghadirkan tokoh nasional secara rutin setiap bulan. Memperkuat jaringan kerjasama dengan lembaga lain, baik dalam negeri dan luar negeri.

“Alhamdulillah banyak yang peduli (dengan Undova). Kita akan buat stadium general rutin. Seperti untuk tanggal 21 Maret besok yaitu momentum wisuda kita akan menghadirkan Dr.Tanri  Abeng (mantan Menteri BUMN) untuk mengisi orasi ilmiah.”Demikian, kiyai Zul. (Unang Silatang.Radio Arki)

Related posts

Hadir di HUT NTB, Kang Emil Tebar Pantun

ArkiFM Friendly Radio

Cegah Ilegal logging, Kodim KSB Lakukan Sweeping di Hutan Seteluk

ArkiFM Friendly Radio

Demonstran Sesali Sikap Manajemen PT AMNT

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment