Newmont Didesak Ikut Dalam Intensifikasi Lahan Pertanian Di KSB

0

Sumbawa Barat. Radio Arki- Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, Senin siang (31/10) sore kemarin, menegaskan untuk mendorong agar PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) ataupun perusahaan penggantinya nanti melakukan intensifikasi lahan pertanian di Sumbawa Barat.

“keinginan kami ini senada dengan yang sudah pernah disampaikan Menko Kemaritiman kemarin saat kunjungan (di PT NNT). Jadi kami harap Newmont ataupun perusahaan pengganti bisa menjawab kebutuhan tersebut,” tegasnya

Kewajiban Newmont yang telah tertuang, dan dilakukan selama ini di bidang pertanian memang cukup membantu. Terangnya,  tetapi mekanisme itu idealnya juga bisa dilakukan di semua kecamatan lain yang ada di Sumbawa Barat. Karena kalau merujuk kepada pengaruh atau dampak keberadaan Newmont, maka semua pihak akan sepakat bahwa Newmont telah memberikan dampak sistemik kepada seluruh wilayah yang ada di Sumbawa Barat.

Ada pola yang menarik dan mulai dilakukan Newmont di kecamatan Jereweh dan sekitarnya. Dimana Newmont melakukan bantuan kepada sector pertanian dengan system terintegrasi.

“dari pendampingan di proses, sampai kepada produksi dengan bantuan pengadaan mesin penggilingan padi. Jadi ini yang akan kita dorong untuk dilakukan juga di kecamatan lainnya,” timpalnya.

Sebelumnya, menteri koordinator kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam kunjungannya di Batu Hijau, menegaskan, Newmont harus melakukan intensifikasi lahan pertanian. Sehingga masyarakat setempat bisa diberdayakan dan mendorong perbaikan perekonomian diwilayah itu.

“iya itu disiapkan aja lahannya, sampai seribu hektar. Terus diintensipkan agar ada produk pertanian yang betul betul berkualitas, seperti jagug atau tebu. itu contonhnya sudah ada di Dompu, semestinya disini juga harus berhasil,” tegasnya. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply