Bimtek Saksi Peserta Pemilu, Bawaslu Kota Mataram Harap Saksi Bisa Sinergi dengan PTPS

0

Mataram. Radio Arki – Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini (7-10/04/19) Bimbingan Teknis (BIMTEK) saksi peserta pemilu oleh Bawaslu Kota Mataram akhirnya selesai dilaksanakan pada hari Rabu (10/04). Kegiatan Bimtek melibatkan 10 Parpol yang telah mengirimkan nama-nama saksi parpol kepada Bawaslu Kota Mataram.

Diantaranya adalah, Partai Hanura, Nasdem, Demokrat, Garuda, PAN, PPP, PKS, PKB, Berkarya, dan Golkar. Semua peserta pemilu ini telah dilakukan Bimtek sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Bawaslu Kota Mataram. Sesuai dengan amanat undang-undang Pasal 351 UU No 7 Tahun 2017 bahwa saksi peserta Pemilu dilatih oleh Bawaslu.

Kordiv SDM, Organisasi dan Data Informasi menyampaikan bahwa teknis penyampaian materi Bimtek ini sebelum penyampaian materi peserta Bimtek di putarkan video tutorial menjadi saksi.

“Sebelum materi disampaikan, peserta disuguhkan video tutorial menjadi saksi, dengan durasi video sekitar lima belas menit, nah setelah itu baru kemudian ada penyampaian materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab,” jelas Yusril.

Bawaslu Kota Mataram juga berharap bahwa pada saat di TPS nanti saksi bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan PTPS dari Bawaslu Kota Mataram.

“Kami berharap Saksi yang di Bimtek ini bisa bersinergi dengan PTPS kami, tentu bukan dalam hal negatif akan tetapi dalam hal positif, misalnya mengawal surat suara sampai akhir, dan memastikan bahwa surat suara itu tidak ada yang ditambah dan tidak ada yang dikurangi,” cetus Yusril mengakhiri komentarnya. (M Arif. Radio Arki)

Leave A Reply