NEWS

Gempa Lotim 5,2 Magnitudo Terasa Hingga Sumbawa Barat

Sumbawa Barat. Radio Arki -Sore ini, (17/3) gempa dengan kekuatan magnitude 5,2 SR mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa yang berpusat di Kabupaten Lombok Timur tersebut, terasa hingga Kabupaten Sumbawa Barat dan sekitarnya.

Dari rilis yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempabumi yang terjadi pada pukul 14:09:02 WIB siang ini berada pada episentrum 7 km Barat Laut Lombok Timur-NTB pada kedalaman 11 Km di titik koordinat 8.51 LS 116.49 BT

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Lombok Timur ini dibangkitkan oleh sesar naik (Thrust Fault). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini terjadi di laut wilayah Samudra Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara dan memiliki dampak getaran hingga ke wilayah Nusa Tenggara Barat. (red.)

Related posts

Spanduk Protes PT Macmahon Bertebaran di Lingkar Tambang

ArkiFM Friendly Radio

Kini Daftar Pasien di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat Bisa Secara Online

ArkiFM Friendly Radio

Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya H. M. Yusfi Khalid Sebagai Ketua DPD PPNI KSB

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment