ARKIFM NEWS

Anggota DPRD KSB Dituntut Memiliki Kapasitas

Sumbawa Barat. Radio Arki – Menjalankan amanat rakyat 5 tahun kedepan tentu bukanlah perkara mudah. Akan banyak tantangan dan persoalan yang akan dihadapi. Menghadapi tantangan tersebut, publik menginginkan anggota DPRD memiliki kapasitas yang mumpuni agar mampu tampil sebagai wakil rakyat yang solutif.

Diprediksi, kedepannya akan banyak sekali tantangan yang akan dihadapi DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, baik menyangkut aspirasi rakyat, hingga sederet persoalan kedaerahan yang belum berujung.

Oleh karenanya, peningkatan kapasitas menjadi suatu hal yang harus dilakukan. Apalagi hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 pasal 86, tentang orientasi pemahaman tugas anggota DPRD.

“Anggota DPRD KSB akan kita bekali dengan orientasi pendalaman tugas selama 4 hari. Mulai tanggal 25 sampai 28 Agustus 2019 di Mataram,” ujar Sekretaris DPRD KSB, Agus Hadnan, S.Pd kepada Arkifm.com, sore tadi (20/8).

Agus Hadnan menyebutkan, bahwa dirinya telah mengusulkan materi pada orientasi pendalaman tugas diutamakan tentang memaknai hakikat Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) anggota DPRD, sususan tata tertib DPRD, termasuk item bagaimana penyusunan rencana kerja DPRD.

“Untuk materinya, sudah saya usulkan ke BPSDM Provinsi selaku fasilitator kegiatan orientasi pendalaman tugas DPRD Se Kabupaten Kota di NTB,” ucap Agus King, sapaan akrab Sekwan.

Dijelaskan bahwa, orientasi pendalaman tugas anggota DPRD di NTB di masing masing kabupaten kota jadwalnya berbeda. Di NTB khususkan, difasilitasi oleh BPSDM Provinsi.

“Karena keterbatasan narasumber BPSDM provinsi ini, sehingga jadwalnya diatur. Seperti KSB yang digelar di Hotel Grand Legi, beda waktu dan tempat dengan DPRD Kabupaten Kota lainnya,” imbuhnya.

Agus King berharap, dengan digelarnya kegiatan orientasi pendalaman tugas anggota DPRD, akan mampu mempermudah anggota DPRD KSB dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Karena ini kegiatan wajib dan diatur dalam undang-undang, maka setiap anggota DPRD harus mengikutinya karena akan sangat bermanfaat,” tukasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Pembangunan Jembatan Gantung di Desa Tamekan Diresmikan

ArkiFM Friendly Radio

Terbuka Praktek “Money Politik” Di Pilkades Serempak KSB

ArkiFM Friendly Radio

Menristek Dikti Tidak Lagi Memberikan Gelar Profesor Dosen Kemenag

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment