Timsel Bakal Cakades Fisip Undova Siap Kerja Profesional

0

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pihak Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Cordova Indonesia (Undova), akan menggelar seleksi tambahan untuk bakal Calon Kepala Desa (Cakades) pada 17 sampai 18 September 2019. Pelaksanaan seleksi oleh Fisip Undova merupakan penunjukan langsung oleh Pemerintah Daerah Sumbawa Barat sebagai tim seleksi (Timsel) yang bersifat independent.

Seleksi dilakukan untuk 4 Desa yang pendaftar bakal Cakadesnya diatas 5 orang, diantaranya Desa Meraran dengan 7 Bakal Cakades, Desa Goa 7 bakal Cakades, Desa Dasan Anyar 6 bakal Cakades, terakhir Desa Talonang Baru dengan 6 orang bakal Cakades. Ke 26 Peserta tersebut, akan diseleksi secara ketat dan dari hasil penilaiannya dilakukanlah sistem perangkingan.

“Ke 26 peserta akan mengikuti 2 model seleksi berdasarkan Perbup KSB Nomor 84 tahun 2018 yaitu, Pertama penilaian pembobotan berdasarkan kriteria yang mencakup pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan dan usia. Kedua, ujian tulis mencakup soal pemerintahan, pengetahuan umum dan pengetahuan bahasa Indonesia,” Ujar Ketua Timsel Fisip Undova, Muhammad Imran, S.HI.,MH kepada Arkifm.com, kemarin (14/9).

Seleksi tambahan dilakukan, selain untuk menggugurkan bakal Cakades yang melebihi kuota 5 orang, juga merupakan upaya peningkatan kapasitas bakal Cakades yang akan mengikuti Pilkades serentak bulan Oktober mendatang sebelum berkompetisi merebut simpati masyarakat. Karena seyogyanya, pembangunan yang berkualitas harus dimulai dari pemimpin yang berkualitas.

“Output yang diharapkan nantinya akan banyak bakal Cakades yang berkwalitas. Oleh karenanya, kami selaku tim independent siap bekerja secara profesional dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sumbawa Barat, Drs. Mulyadi kepada Arkifm.com beberapa waktu lalu mengatakan bahwa, pihaknya menggandeng Fisip Undova selaku pihak independent untuk melakukan seleksi bakal Cakades yang melebihi kuota 5 orang sesuai Perda Pilkades. Dimana didalamnya, pendaftar bakal Cakades hanya maksimal 5 orang saja.

“Hasil seleksi Timsel nantinya, akan kita tetapkan 5 orang Cakades yang berhak dipilih pada kontestasi Pilkades serentak tanggal 20 Oktober mendatang,” Ucapnya. (Enk. Radio Arki)

Leave A Reply