ARKIFM NEWS

Siapkan Kelengkapan, Operasi Zebra Gatarin 2019 Digelar 23 Oktober

Sumbawa Barat. Radio Arki – Satuan Lantas Polres Sumbawa Barat akan menggelar Operasi Zebra Gatarin 2019. Operasi akan digelar selama 14 hari, mulai tanggal 23 Oktober hingga 05 November 2019 mendatang.
Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat, IPTU Putu Gede Caka PR SIK kepada arkifm.com mengatakan, operasi digelar guna menertibkan pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu-lintas. Upaya ini dilakukan, guna meminimalisir tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas di Jalan Raya.
Untuk itu, Ia mengimbau kepada pengendara kendaraan bermotor, untuk dapat melengkapi diri dalam berkendara. Seperti membawa kelengkapan berupa surat resmi, serta kelengkapan teknis kendaraan.
“Tujuan operasi ini untuk tertib administrasi kendaraan bermotor dan meningkatkan kesadaran berlalu-lintas,” ujarnya.
Giat Dikmas Lantas Polres Sumbawa Barat di Radio Arki. (Doc. Arkifm)
Lanjut Caka, panggilan akrab IPTU Putu Gede Caka, bahwa target Operasi Zebra Gatarin 2019 yakni pengemudi yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kemudian pengemudi yang SIM-nya tidak sesuai dengan kendaraan atau peruntukan. Pengemudi di bawah umur juga menjadi sasaran.
“Pengendara melawan arus, menerobos lampu merah, pengemudi melanggar rambu/marka dan tidak menggunakan helm SNI juga ditindak.
Untuk sasaran benda yakni kendaraan yang memasang lampu isyarat lalu-lintas. Seperti rotator atau strobo,” bebernya.
Selain itu, kendaraan yang melanggar berat muatan akan ditindak. Juga kendaraan yang tidak sesuai peruntukan dan laik jalan. Serta kendaraan yang melanggar peraturan undang-undang lalu lintas lainnya.
“Kepada masyarakat, saya harap sebelum operasi ini digelar, agar dapat melengkapi diri dengan surat resmi dan kelengkapan kendaraan. Serta menaati segala aturan berlalu-lintas. Demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu-lintas di Kabupaten Sumbawa Barat,” tukasnya.
Seperti diketahui, sebelum Operasi Zebra Gatarin 2019, Unit Dikyasa Satlantas Polres Sumbawa Barat telah gencar melaksanakan sosialisasi ke sekolah sekolah dan turun langsung ke masyarakat. Tak hanya itu, Satlantas juga memberikan sosialisasi melalui kanal Radio Online Arki Sumbawa Barat. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Pengamanan MotoGP Mandalika Mulai Dilakukan

ArkiFM Friendly Radio

SatPol-PP Sumbawa Barat Menggerebek Pasangan Muda-Mudi

ArkiFM Friendly Radio

SISTEM AKREDITASI SEKOLAH: PENTINGKAH BAGI ORANG TUA?

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment