NEWS

LPM UNEJ Gelar Pelatihan dan Pendampingan Kader Dokter Gigi Kecil

Foto : Suriyani, S.Pd.SD (Kepala SDN 5 Taliwang) saat menyampaikan sambutan. (Doc. Arkifm)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Jember (LPM UNEJ), meggelar pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil di SDN 5 Taliwang, Kamis (6/2). Kegiatan yang diikuti oleh delegasi dari SDN 5 Taliwang sebanyak 16 siswa, delegasi SDN 6 Taliwang sebanyak 4 siswa dan delegasi dari SDN 9 Taliwang sebanyak 4 siswa tersebut, merupakan sekolah perwakilan dari wilayah Gugus II Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Perwakilan LPM UNEJ selaku narasumber dalam pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil, Dr. drg. Lin Eliana, M.Kes kepada arkifm.com mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil bukan sekedar hanya penyuluhan, tetapi juga membentuk kader kader yang nantinya bisa menyuluh teman temanya di sekolah.
“Selain menyuluh temennya, mereka diajarkan cara memeriksa gigi. Jadi bisa mengenali kelainan gigi dan mulut secara sederhana, kemudian rujuk ke Puskesmas,” terang Dr. drg. Lin Eliana, M.Kes.

Untuk itu, sambung Dr. Lin Eliana, puluhan peserta pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil akan dibekali dengan 4 materi. Pertama, anatomi gigi. Jadi kader dokter gigi kecil harus tahu terlebih dahulu gigi yang normal, sebelum mengetahui gigi yang sakit. Kedua, kelainan yang paling sering terjadi di rongga mulut. Ketiga, cara mencegah karias gigi dan mulut, karena hingga saat ini hasil dari Puskesdas, karias gigi di Indonesia masih tergolong tinggi. Keempat, mengenali peralatan kedokeran gigi dasar.

Foto : Dr. drg Lin Eliana, M.Kes saat memaparkan materinya. (Doc. Arkifm)

“Jadi empat materi besarnya itu. Tak hanya itu, mereka juga diberikan demo pakai model, jadi nanti mereka harus mempraktekkan cara menyikat gigi dengan baik dan benar,” tambah ibu yang dikenal ramah tersebut.

Sebelumnya, Kepala sekolah SDN 5 Taliwang, Suriyani, S.Pd.SD menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil di SDN 5 Taliwang. Iapun berharap, kegiatan yang pertama kalinya digelar di Kecamatan Taliwang tersebut, terlaksana secara berkesinambungan.

“Selamat datang ibu dokter. Inilah kader kader dokter kecil kami yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari tiga sekolah. Kegiatan pelatihan kader dokter gigi kecil ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang dilakukan di Taliwang. Kalau dokter umum sudah biasa dan disemua sekolah juga ada. Mudah mudahan kegiatan ini bisa berkesinambungan,” ujar Kepala SDN 5 Taliwang.

Kepala SDN 5 Taliwang yang juga Ketua Gusus II Kecamatan Taliwang tersebut, berharap kepada para siswa yang mengikuti pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil, agar mengikuti kegiatan hingga selesai.

“Kegiatan ini jelas sekali sangat besar manfaatnya bagi anak anak kami. Jadi saya harapkan anak anak agar dapat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir, karena nanti sebelum ini anak anak akan menerima pretest dan setelah berakhir akan ada postestnya,” tukas Suriyani, S.Pd.SD. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Warga Blokir Jalan, Anggota Kodim Bima Fasilitasi Dengan Pemkot

ArkiFM Friendly Radio

Tahun Ini, Investor Bangun Infrastruktur di Gili Kalong

ArkiFM Friendly Radio

Seleksi Pemain PSSB, Pelatih Kepala: Hanya 5 Pemain Di Pulau Sumbawa Yang Cukup Layak

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment