ARKIFM

Dishub KSB Gelar Peringantan Hari Perhubungan Nasional 2020

Foto: Sekda, Dirut AIP Nusra, bersama Forkopimda saat fose bersama. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat, menggelar kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2020 tingkat Kabupaten Sumbawa Barat di Kantor UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub KSB, pada Kamis pagi (17/9). Kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Asa, Majukan Indonesia” tersebut, dihadiri oleh Sekda Sumbawa Barat, Direktur AIP NUSRA, Kajari KSB, Kepala BNN KSB, Pimpinan DPRD KSB, Wakapolres KSB, Perwakilan Kodim 1628 KSB, Perwakilan PT. Jasa Raharja, Sejumlah Kepala OPD, serta calon taruna AIP Nusra.

Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Asa, Majukan Indonesia” tersebut, yakni Launching BLUe Kendaraan Bermotor, dimana dilakukan simulasi pemeriksaan kendaraan mulai dari uji emisi gas buang, uji rem, uji lampu, pemeriksaan kolong kendaraan, hingga mencetak hasil uji kendaraan yang selanjutnya diterbitkan dalam bentuk smart card. Tak hanya itu, kegiatan Harhubnas juga dirangkaikan dengan Penyerahan Sertifikat Pelatihan Keselamatan Kerja, Lomba Transportasi Sehat, hingga pelantikan calon taruna Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara (AIP NUSRA).

Foto: proses pemeriksaan kolong kendaraan sebagai rangkaian sebelum diterbitkan smart card dalam BLUe. (Ist)

Kepala Dinas Perhubungan Sumbawa Barat, H. Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Perhubungan Nasional yang ke 49 merupakan titik control bagi aparatur untuk meningkatkan etos kerjanya, apalagi dimasa pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini. “Kami ucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional tahun 2020. Harhubnas juga bertepatan dengan HUT PMI ke 75. Semoga melalui kesempatan hari ini, menjadi semangat juang kita dalam mengawali Indonesia yang lebih maju kedepannya,” ujar Kadishub.

Kadishub juga menjelaskan bahwa Dishub Sumbawa Barat memilki Unit Pelayanan Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTDKB). Dimana UPTD ini merupakan salah salah satu balai uji yang telah masuk dalam kriteria sertifikasi balai uji yang diakui di Provinsi Nusa Tenggara Barat. “Saat ini juga kami sudah menerbitkan kartu Smart Card, yang mana kartu ini bertujuan untuk melakukan uji berkala pada kndaraan bermotor. Tujuannya untuk menentukan kendaraan yang layak pakai di jalanan,” terang Mantan Kepala DPMPTSP tersebut.

Foto: proses pelantikan taruna AIP Nusra dalam momentum Harhubnas. (Ist)

Dalam momentum Harhubnas, juga dilakukan pelantikan calon taruna Akademi Ilmu Pelayaran. Sebagai kampus yang juga banyak diisi oleh putra putri Sumbawa Barat tersebut, Kadishub berpesan agar para taruna tetap menjaga semangat belajar demi menjadi kebanggan untuk keluarga dan bangsa dimasa mendatang.

Sementara itu, Direktur AIP Nusra, Zulkarnain, MA yang bersempatan menyampaikan sambutannya mengatakan, para taruna Perguruan Tinggi ini akan melaksanakan praktik diseluruh kapal laut yang berada di Nusantara. Demikian pula tempat untuk mereka bekerja setelah lulus nantinya, bisa di kapal Pesiar, Kapal Kargo, dan Kapal Tengker. jadi para taruna ini bisa kerja didarat maupun dilaut. “Para Taruna AIP Nusra diyakini tidak akan menganggur, karena langsung diserap oleh dunia kerja. Hal tersebut dikarenakan ahli dibidang pelayaran sangat sedikit, sementara kebutuhan dibidang industri pelayaran masih sangat banyak dibutuhkan di dunia,” terang Zulkarnain.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Sumbawa Barat yang hadir mewakili Bupati menyampaikan sambutannya. Sekda berpesan agar momentum peringatan hari perhubungan nasional menjadi bagian dari pengembangan tugas di sektor perhubungan. Tentunya dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Sektor përhubungan ini memiliki peranan yang strategis, sehingga mempengaruhi peningkatan kesejahteraan bangsa indonesia. Dalam rangka Harhubnas yang ke 2020 ini, kami dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat mengucapkan  terimakasih, karena telah meningkatkan sarana dan prasarana transportasi khususnya di wilayah Sumbawa Barat,” tandas Sekda. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Infrastruktur Perumahan Di KSB Terus Ditingkatkan

ArkiFM Friendly Radio

74 OTG Yang Kontak Dengan Pasien Corona Jalani Rapid Test Secara Bertahap

ArkiFM Friendly Radio

Roster Kerja AMNT Disetujui

ArkiFM Friendly Radio