NEWS

Gubernur NTB Datangi Warga Dusun Brang Kua Pulau Moyo

Sumbawa. Radio Arki – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah datangi Dusun Brang Kua, Desa Labuhan Haji, Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, Kab Sumbawa, Rabu, 7 Oktober 2020. Gubernur didampingi Pjs Bupati Sumbawa, Zainal Abidin dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup NTB. Dalam rombongan juga ikut Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun, SH.

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam menggunakan kapal cepat milik Polairud Sumbawa, Gubernur bersama rombongan tiba di Brang Kua, masyarakatnya menyambut dengan terharu.

Saat berdialog, Kepala Desa Labu Aji mengaku terharu menerima kunjungan gubernur, Pjs Bupati Sumbawa bersama rombongan. Dia berharap kedatangan gubernur ke pulau terpencil ini bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakatnya selama ini.

“Ada tiga masalah utama yang kami hadapi. Pertama masalah jalan lingkungan. Kemudian kami juga ingin menikmati listrik. Selama ini hanya menikmati PLTS. Hanya pada malam hari. Untuk membeli es, kami harus berlayar ke Dompu.Dan ketiga masalah air bersih. Kami berharap kami tidak lagi diberi janji-janji. Kami sudah bosan dengan janji-janji,” ujarnya.

Terkait hal itu, Gubernur Zul langsung meminta kepala Dinas terkait menjawabnya. Kepala Dinas PU Sahdan mengatakan, terkait jalan terkendala karena lahannya adalah lahan konservasi. Jadi tidak bisa dibangun jalan. Sementara untuk masalah air minum, akan dilakukan survei bersama dinas terkait lainnya. Demikian juga masalah listrik. Pimpinan PLN NTB yang ikut dalam rombongan juga mengatakan segera melakukan survei.

Sementara itu, Kepala Dusun Brang Kua menyampaikan, minta pemekaran desa. Hal ini karena keberadaan empat dusun di timur Pulau Moyo ini sangat jauh dengan desa induk, Labuhan Haji. Terkait hal ini, Gubernur meminta kepada buati Sumbawa untuk mempertimbangkan. “Jika cukup persyaratan administratif, bisa dipertimbangkan,” kata Gubernur.

Sementara itu ibu-ibu di Dusun Brang Kua berharap ada bantuan alat masak. Mereka juga minta pelatihan-pelatihan kuliner. “Kita ini kan daerah wisata. Jadi harus bisa menyiapkan kuliner yang enak,” ujarnya. Atas aspirasi ibu-ibu ini, Pjs Bupati Sumbawa Zainal Abidin langsung menyanggupi.

Selanjutnya Gubernur memberikan bantuan masker, alat olahraga dan penangkap ikan yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa. Saat siaran pers ini ditulis, Gubernur bersama rombongan melakukan perjalanan ke Pulau Medang.

Kepala OPD yang ikut antara lain Plt Kadis Perumahan dan Pemukiman Jamaluddin Redi, Kadis PU Sahdan. (Rls. Radio Arki)

Related posts

Imigrasi Sumbawa Gelar Kegiatan Penyebaran Informasi di Taman Lembi

ArkiFM Friendly Radio

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengancaman Dokter di RSUD Asy Syifa

ArkiFM Friendly Radio

Honor 4 Bulan Agen PDPGR Dicairkan

ArkiFM Friendly Radio