ARKIFM NEWS

20 Kelompok Dapat Bantuan Demplot Ayam KUB dan Holtikultura di KSB

Foto: Kabid Penyuluh Dinas Pertanian KSB, Kusmirin. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melalui Dinas Pertanian terus menggenjot pemberdayaan kelompok masyarakat untuk mendapatkan bantuan di tengah pandemi Covid-19.

Ditahun 2020 saja, sebanyak 20 kelompok masyarakat mendapatkan bantuan Demplot Ayam Kampung Unggul Baru (KUB) dan bantuan bibit Holtikultura. Masing-masing 13 kelompok untuk ayam KUB dan 7 kelompok untuk holtikultura.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Suhadi, SP.,M.Si melalui Kabid Penyuluh, Kusmirin kepada arkifm.com, Rabu (4/11).

Diakuinya, untuk bantuan tahun 2020 memang sifatnya terbatas, karena akibat dampak pandemi dimana terjadi pemangkasan anggaran.

“Untuk ayam KUB, hanya kita berikan 300 ayam untuk satu kelompok lengkap dengan vaksinnya. Jumlah tersebut juga kita sesuaikan dengan kandangnya. Sementara ayamnya bisa untuk jadi ayam pedaging, bisa juga untuk petelur. Tapi bantuan ini lebih ke arahnya ke pedaging,” jelas Kusmirin.

Sementara untuk bantuan demplot holtikultura, sambung Kusmirin, pemerintah memberikan berbagai jenis tanaman holtikultura, diantaranya ada bantuan Vanili, cabai, tomat, terong hingga kangkung.

“Jadi bantuan holtikultura kita sesuaikan juga dengan jumlah bantuan yang tersedia beserta luas lahannya. Intinya ketujuh kelompok penerima manfaat tetap kita survei dan kita dampingi hingga panen. Hal demikian juga sama halnya dengan penerima bantuan demplot ayam KUB,” terangnya.

Kusmirin berharap, dengan adnaya bantuan demplot dari pemerintah bisa memicu peningkatan perekonomian masyarakat. Lebih lebih ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 saat ini yang membatasi orang untuk beraktivitas.

“Meski terbatas, semoga bantuan ini bisa dimaksimalkan,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Dorong KSB Tuntas Literasi, Relawan Ini Kembangkan Lembaga Belajar

Ketua Tim PDPGR Menala Bantah Soal Tudingan Warga

ArkiFM Friendly Radio

Camat Dorong Pasar Brang Ene Segera Beroperasi

ArkiFM Friendly Radio