ARKIFM NEWS

Jalur Kabel Lampu Lalu Lintas di Depan SMA Muhammadyah Dirubah

Foto: Dishub saat merubah jalur lampu lalu lintas. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menerjunkan anggotanya untuk merubah jalur kabel Lampu Lalu Lintas yang berada di pertigaan SMA Muhammadyah dan pertigaan Tugu Parang, Jum’at pagi (6/11). Upaya perubahan jalur dilakukan, karena sebelumnya kabel lampu lalu lintas melintang di saluran irigasi.

“Kabel power lampu lalu lintas di dua titik kita rubah jalurnya. Hal tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi sampah di salruan irigasi yang nyangkut di kabel lampu lalu lintas.Terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim penghujan,” ujar Kadishub KSB, H. Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd melalui Kapala Bidang Prasarana dan Keselamatan, Budi Sunarko, SE, belum lama ini.

Budi Sunarko menjelaskan, kegiatan merubah jalur juga merupakan bagian dari pemeliharaan yang rutin dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Perubahan jalur juga, kata Budi, dilakukan dengan memotong jalur yang melintang dan merubah jalurnya dengan menanam kabel mengikuti pinggir saluran irigasi.

“Jadi kabelnya kita tanam di pinggir saluran irigasi. Dengan ditanam, maka kabel akan lebih aman. Dengan adanya perubahan jalur juga, maka diharapkan tidak ada lagi sampah yang menyangkut yang diakibatkan oleh kabel yang melintang,” katanya.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan tetap melakukan perawatan rutin lampu pengatur lalu lintas (traffic light) di lima titik, mulai dari traffic light simpang tugu teratai, simpang tugu parang, simpang SMA Muhammadyah, simpang SMAN 1 Taliwang simpang toko selex dan simpang tugu pesawat. Selain melakukan pemeliharaan lampu lalu lintas, Dinas Perhubungan juga melakukan pemeliharaan lampu tanda peringatan, seperti yang ada di jalan TGH Zainuddin Abdul Madjid.

Upaya melakukan pemeliharaan, kata Budi, dilakukan bukan hanya ketika adanya gangguan saja. Pengecekan juga dilakukan secara rutin setiap bulannya, karena banyak factor yang mengakibatkan terjadinya kerusakan, seperti factor kelembaban pada panel dan kabelnya, gangguan binatang, terlebih lagi saat ini yang telah masuk musim penghujan dengan adanya petir.

“Jadi Dishub tetap melakukan pengecekan rutin. Cek rutin untuk traffic light itu tetap kita lakukan, seperti pengecekan semua peralatan di panel kontrolnya. Hal tersebut dilakukan semata mata untuk mengurangi resiko kerusakan dikemudian hari,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Akibat Covid-19, 500 Karyawan Hotel di KLU Dirumahkan

KLHK: Karang Raja Ampat yang Dirusak Caledonian Sky 13.522 Meter Persegi

ArkiFM Friendly Radio

Syafruddin Denni Akhirnya Resmi Menggantikan Irawansyah

ArkiFM Friendly Radio