Pemda Targetkan Program Hibah Air Bersih Desa di Kementerian PU

0

Sumbawa Barat-Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan maksimal, termasuk di sector pelayanan air bersih. Bahkan, untuk program tersebut pemeritnah daerah tengah menargetkan program Hibah dari kementerian Pekerjaan Uumm (PU) Republik Indonesia.

Dikatakan, wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, kepada wartawan www.arkifm.com, kamis 22/9 pagi.

“iya kita targetkan ini jadi program yang bisa kita ambil dalam tahun 2017 mendatang. Apalagi ini kita sudah diundang untuk membicarakan tentang program tersebut,” bebernya

Kementerian PU dua hari lalu telah mengundang sejumlah pimpinan daerah, termasuk Sumbawa Barat. Khususnya pemerintah daerah yang dianggap punya perhatian serius terhadap pengembangan dan percepatan air bersih di desa.

“undangannya ke kita. Dan kita datang datang dengan sejumlah dinas teknis, termasuk PDAM,” terangnya

Mekanisme program tersebut nantinya, jelas Fud, akan ditanggulangi dulu melalui APBD baru kemudian akan dibayarkan melalui kementerian PU, berdasarkan besaran pekerjaan yang telah dilakukan dan anggaran dalam proposal yang telah kia ajukan sebelumnya.

“anggarannya cukup besar, sekitar Rp 5 milyar lebih. Jadi ini kita harapkan akan memperkuat program kita sebelumnya yaitu jambanisasi. Karena yang menjadi salah satu  persoalan dalam program jambanisasi adalah ketersediaan aair,” jelasnya

“dengan adanya program ini, maka kita harapkan penggunaan dan manfaat jamban yang telah kita programkan sebelumnya akan maksimal,” demikian tutupnya. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply