NEWS

Gelar BI Ke XVI, HIKMAHBUDHI Mataram Tingkatkan Optimalisasi Peran Mahasiswa

Mataram. Radio Arki – Pimpinan Cabang (PC) HIKMAHBUDHI Mataram menggelar kegiatan Buddhist Inside (BI) ke-16. Buddhist Inside adalah salah satu tahapan kaderisasi HIKMAHBUDHI di tingkat cabang dalam merekrutmen anggota baru.

Kegiatan Buddhist Inside mengangkat tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Buddhist Di Era New Normal” digelar di Vihara Vanna Sabha Lokha, Jeliman Ireng, Lombok Utara. Adapun peserta yang mengikuti BI ini, yakni sebanyak 35 orang mahasiswa.

“Jadi pesertanya mahasiswa baru. Sementara peserta dari BI ini adalah mahasiswa yang berasal dari Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat dan Sumbawa”, ujarKetua PC HIKMAHBUDHI Mataram, Buyu Handoyo, Minggu (27/12).

Lebih lanjut Buyu mengungkapkan bahwa Buddhist Inside merupakan kegiatan kaderisasi HIKMAHBUDHI tingkat cabang, guna mempertemukan semua mahasiswa Buddhis lintas kampus yang ada di NTB. “Kita adalah generasi penerus penjaga keutuhan bangsa. Kita boleh kalah dari sisi kuantitas tapi kita harus menang secara kualitas,”tegas Buyu..

Sementara itu, Sekjend PP HIKMAHBUDHI, Bebin Adi Darma menegaskan bahwa, HIKMAHBUDHI adalah miniatur Indonesia yang Bineka Tunggal Ika karena di dalam HIKMAHBUDHI terdapat berbagai macam sekte, suku bahkan etnis. Karena itu, setiap kader HIKMAHBUDHI harus mampu berpikir inklusif dan mampu menjaga semangat persaudaraan dan persatuan sebagai sesama komunitas Buddhis dan anak bangsa.

Bebin juga menyorot fenomena “post-truth” yang jika tidak dihadapi dengan sadar dan bernalar, dapat menciptakan perpecahan terutama dari sisi media sosial.

“Anak muda sudah sangat pandai bermedia sosial, pesan saya jadilah mahasiswa yang mampu memproduksi dan menyebarkan kebenaran. Tingkatkan literasi dan berpikir bijak dalam setiap situasi” terangnya.

Selain itu, Direktur Intelkam Polda NTB, Kombes Pol. Drs. Susilo Rahayu Arianto hadir pada kegiatan itu berpesan kepada mahasiswa Buddhis untuk menjadi garda terdepan menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa. Mahasiswa Buddhis harus mampu memaksimalkan perannya menciptakan perdamaian dan ketertiban.

“HIKMAHBUDHI sebagai bagian dari Bangsa ini harus menjaga Pancasila dan kesatuan nasional,”imbuhnya.

Buddhist Inside ini pun dirangkai dengan Harlah HIKMAHBUDHI Mataram yang ke 19 tahun. (Red. Radio Arki)

Related posts

Soal Perumahan Karyawan Lokal, Manejemen PT Trakindo Masih Bergeming

ArkiFM Friendly Radio

Dompu Terdepan Dalam Pengembangan Posyandu Keluarga

ArkiFM Friendly Radio

Pengusaha Muda Jadi Menteri, Anggota HIPMI NTB Harap Jadi Motivasi

ArkiFM Friendly Radio