ARKIFM NEWS

Penerapan STBM Minta Diperkuat Pada LKS Jilid II

Foto: Forkopimda KSB saat menggelar rapat persiapan LKS. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menginisiasi Lomba Kampung Sehat (LKS) Jilid II. Beberapa daerah di NTB mulai mempersiapkan diri, termasuk di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Dalam rapat persiapan LKS di KSB, Rabu (3/3), Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST bahkan menekankan agar penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) diperkuat pada LKS kali ini.

“Saya harap program STBM dapat dijalankan dan diperkuat pada kegiatan LKS jilid II,” ujar Wabup dihadapan Forkopimda.

Wabup menuturkan, pelaksanaan LKS kaki ini m juga sesuai dengan program kerja 100 hari Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati KSB yakni menuntaskan Pilar Ke-4 dan Ke-5 STBM.

“Penerapan STBM dapat diperkuat, khususnya menuntaskan pengolahan sampah rumah tangga, dan pengolahan air limbah rumah tangga,” kata Wabup.

Wabup juga meminta agar sinergisitas dan koordinasi harus dijalin dengan baik, khususnya mulai dari Pemerintah Kecamatan hingga di lingkup desa.

“Silahkan direkrut tenaga Agen PDPGR dan data ASN yang ada di wilayah masing-masing untuk menjadi motor penggerak dalam mensukseskan LKS Jilid II di lingkungan masing-masing, serta buat posko Covid-19 di masing-masing desa. Insyaa Allah dalam 100 hari pertama bekerja, pilar STBM tuntas kita laksanakn”, tegas Wabup.

Sementara itu, Kapolres KSB dalam pemaparannya menyampaikan terima kasih dan merasa terkesan dengan ide-ide kreatif serta inovatif masyarakat KSB pada Lomba Kampung Sehat Jilid I yang sebelumnya telah digelar. Sama halnya dengan gelaran sebelumnya, Lomba Kampung Sehat Jilid II ini menjadikan peran aktif masyarakat sebagai kunci keberhasilan penanganan Covid-19.

“Desa dan Kelurahan diharapkan dapat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menjadikan Kampungnya sebagai daerah bebas Covid-19 atau menurunkan angka penyebaran, mampu menangani pasien terkonfirmasi Covid-19, melaksanakan tracing serta menyiapkan persiapan vaksinasi,” terangnya.

Selerti diketahui, ada 2 kategori Lomba Kampung Sehat Jilid II yang akan dinilai yakni, Kategori Kampung Sehat terdiri dari Kampung Sehat Bebas Covid-19 dan Kampung Sehat Lawan Covid-19, Kategori ke-2 yaitu Kampung Sehat Herus terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, Danramil, Kapolsek, Bupati/Walikota, Dandim dan Kapolres. (Rls.Radio Arki)

Related posts

Diduga Ada Perbedaan Perlakukan Peserta Lomba Drum Band Asal KSB

ArkiFM Friendly Radio

Pengusaha Jasa Angkutan Umum Diminta Tidak Melebihkan Standar Muatan

ArkiFM Friendly Radio

Hasil Pengumuman Seleksi Administrasi Di PT Macmahon Boleh Dikoreksi?

ArkiFM Friendly Radio