ARKIFM NEWS

AIP NUSRA Jalin Kerjasama dengan Dishub KSB

Foto: Pihak AIP NUSRA dan Kadishub KSB usai menandatangani MoU. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara (AIP NUSRA), melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (9/3).

Setelah sebelumnya bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Ruslin ST., M. Sc Selaku Wakil Direktur III, Asril Majid Amrillah, S. Pd sebagai Biro Akademik dan Ketarunaan (BAK), Mahyun S. Pd.I. sebagai Kabag Humas dan Nabil Ibnu sebagai Wakil Komandan Batalyon tak menyianyiakan waktu yang ada, rombongan tersebut langsung bergegas menuju ke ruang kerja Kepala Dishub Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut,
Ruslin, ST., M.Sc mengatakan bahwa, kedatangannya bersama dengan jajaran Staf kampus adalah, untuk mengajukan kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) antara AIP NUSRA dengan Dishub Sumbawa Barat.

“Kita datang ini dalam rangka melakukan MoU bersama dengan Dinas Perhubungan. Ada beberapa poin dalam kerjasama disini, mulai dari magang mahasiswa, rekrutmen pegawai hingga kuliah umum,” beber Ruslin.

Ruslin menambahkan, dalam salah satu poin Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian bersama, pihaknya berharap dapat bersinergi dengan Dishub Sumbawa Barat.

“Penelitian bersama ini adalah program pengabdian masyarakat yang sifatnya penelitian, sehingga diharapkan bisa adanya berkolaborasi antara kami dengan Dishub itu sendiri,” jelasnya.

Dengan adanya 3 jurusan di AIP NUSRA seperti Managemen palabuhan, Nautika dan Teknika, AIP NUSRA siap jika dibutuhkan oleh Dinas, dalam Hal ini adalah pemenuhan terkait SDM.

“Jika memang dinas membutuhkan, kami siap SDM seperti tenaga maupun konsultan,” sambung Ruslin.

Dengan adanya MoU dengan Dishub, Ruslin berharap dapat bersinergi dengan sama sama membangun daerah. Lebih lagi dengan adanya transportasi laut yang dapat mendekatkan Dishub dengan AIP Nusra, dalam hal mencetak pelayar handal dan professional.

“Yang ingin menjadi palayar, bisa bergabung dengan kami, karena masih ada pendaftaran gelombang kedua di tahap pertslama,” ajak Ruslin.

Tak lupa, dalam kesempatan yang baik itu, Ruslin juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat. Termasuk ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, sehingga AIP NUSRA dapat melaksakan kegiatan ulang tahun sekaligus pengukuhan mahasiswa.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sumbawa Barat, H. Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa kerjasama dengan AIP NUSRA sifatnya Normatif, serta masih berhubungan dengan tri dharma perguruan tingginya.

“Kami menyambut baik dan saya telah menandatangani surat perjanjiannya tersebut, dimana jangka durasinya adalah 5 tahun,” kata H. Abdul Hamid.

H. Abdul Hamid juga menjelaskan, dengan adanya kerjasama ini, dapat membantu mensosialisasikan program AIP NUSRA. Begitupun juga sebaliknya, AIP NUSRA dapat membackup program dari Dinas Perhubungan, seperti peningkatan kapasitas personal dinas itu sendiri.

“Bisa saja nanti anggota kami dimagangkan disana, untuk menambah pengetahuannya. Jika ada sejenis pelatihan, kami akan kirim anggota kami untuk kesana,” ujar H. Abdul Hamid.

Selain itu, adanya kerjasama dengan pihak lain, merupakan bentuk bahwa Dinas Perhubungan membangun sistem terbuka. Sistem terbuka disini menandakan bahwa Dishub menerima kerjasama dari pihak manapun, salah satunya yaitu Aip Nusra.

“Harapan kami, kerjasama ini menjadi kerjasama yang baik dan bagi anak-anak SMA sederajat yang sebentar lagi akan lulus dan ingin melanjutkan, AIP NUSRA adalah pilihan tepat untuk masa depan yang Cerah,” pungkasnya (Rival.Radio Arki)

Related posts

PB HMI 2018-2020 Dilantik, Alumni UNDOVA Mengukir Sejarah HMI NTB

HUT Bhayangkara Ke 72, Kapolres KSB Minta Bhabinkamtibmas Lebih Proaktif

ArkiFM Friendly Radio

Kapal Cepat Beroperasi, Kinerja Dishub KSB Diapresiasi

ArkiFM Friendly Radio