ARKIFM NEWS

Pembukaan MTQ Kecamatan Brang Rea Berlangsung Meriah

Foto: Khairuddin selaku Ketua Panitia MTQ Kecamatan Brang Rea, saat menyampaikan sambutannya. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 17 tingkat Kecamatan Brang Rea, berlangsung meriah. Mengawali acara, para tamu undangan dan peserta dari kafilah masing masing Desa se Kecamatan Brang Rea disuguhkan dengan penampilan kesenian Sumbawa bernuasa religius.

Ketua Panitia MTQ Kecamatan Brang Rea, Khairuddin dalam sambutannya mengatakan, persiapan kepanitiaan MTQ cukup singkat, namun dengan ijin Allah SWT, MTQ tingkat Kecamatan Brang Rea insyaallah akan berjalan lancar hingga 4 hari kedepannya. “Persiapannya singkat, namun kami optimis kegiatan akan berlangsung lancar hingga hari terakhir,” kata Khairuddin, yang juga Kades Tepas Sepakat.

Ia juga menjelaskan, bahwa pelaksaan MTQ tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana tahun ini berada pada situasi Covid-19. Dimana segala bentuk aktifitas masyakat, dituntut agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan. “Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada kita semua agar senantiasa menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ajak Ikas, sapaan akrab Khairuddin.

Dalam kesempatan itu, Ikas juga menjelaskan bahwa MTQ merupakan perwujudan dari pembangunan indonesia seutuhnya. Selain itu, semangat yang dibangun dalam MTQ juga seusai dengan amanat UUD. Belum lagi jika dilihat dari nilai religius Sumbawa Barat, yang dikenal dengan slogan peradaban fitrah. “MTQ tidak dipandang dari sudut sekedar rutinitas saja, tapi juga merupakan salah satu upaya mengajarkan generasi muda untuk mencintai dan mengamalkan Al Qur’an,” terang Ikas.

Usai sambutan Ketua Panitia MTQ Kecamatan Brang Rea, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan nama nama dewan hakim oleh Ust Darwis Hikmatyar, S.Pd. Selanjutnya dilakukan pelantikan dewan hakim yang dipimpin oleh Sekcam Brang Rea Yuliono, S.AP yang juga selaku Plh Camat Brang Rea.

Yuliono, S.AP dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Tepas Sepakat beserta jajarannya atas pelaksanaan MTQ tahun 2021. Meski persiapan kurang dari dua minggu, namun MTQ bisa terlaksana. Tentunya berkat kerjasama dari semua pihak. “Kita berharap MTQ yang berikutnya, desa yang ditunjuk juga bisa melaksanaan kegiatan ini dengan penuh semangat dan kegotongroyongan,” kata Yuliono.

Selain memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Tepas Sepakat, tak lupa Yuliono juga mengucapkan terimakasih kepada aparatur Pemerintah Kecamatan Brang Rea. Pasalnya, ditengah dikejar waktu persiapan MTQ yang terbatas, aparatur Kecamatan Brang Rea tetap menujukkan semangat yang tinggi. Dengan semangat itulah, banyak prestasi yang berhasil diraih oleh kecamatan, disamping memang suberdaya masyarakatnya yang juga sangat baik.

“Sudah beberapa kali Kecamatan Brang Rea ini menjuarai MTQ tingkat kabupaten. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya pondok pesantren di Brang Rea. Oleh karenanya, saya mengajak kepada bapak ibu untuk membawa anaknya belajar di pondok pesantren,” tandas Yuliono.

Usai sambutan Plh Camat Brang Rea, kegiatan ditutup dengan penampilan menarik grup Qasidah persembahan dari Ibu PKK Desa Tepas Sepakat. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Jual Tramadol Buat ‘Nge-fly’, Pemuda Asal Taliwang Ini Dibekuk

ArkiFM Friendly Radio

Pihak Ketiga Dijadikan Alternatif Untuk Operasikan Bandara Sekongkang

ArkiFM Friendly Radio

Dermaga Labuan Lalar Akan Menjadi Asset Pusat

ArkiFM Friendly Radio