ARKIFM NEWS

Dukung LKS Jilid 2, Seruni Ditunjuk Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Foto: Potret Lingkungan Seruni. (Ist)

Lombok Timur. Radio Arki – Program dari Korlantas Polri salah satunya kampung Tertib Lalu Lintas, menjadi pedoman Satlantas Polres Lombok Timur dengan menunjuk Lingkungan Seruni untuk menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas.

Program ini menilai suatu wilayah yang mendukung dari sarana, prasarana, dan peran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Dengan terpenuhinnya faktor-faktor tersebut, Lingkungan Seruni juga turut mendukung Program Kampung Sehat NTB jilid 2.

Lingkungan Seruni memiliki beberapa sarana yang mendukung program Kampung Lalu Lintas yaitu memiliki kondisi jalan pemukiman yang sudah diaspal dengan kodisi terawat baik, tersedia jalur sepeda dan jalur khusus pejalan kaki, adanya ruang publik terbuka untuk anak-anak bermain yang betujuan agar anak-anak tidak bermain di ruas jalan.

Prasarana yang dilengkapi oleh Lingkungan Seruni juga mendukung Program Kampung Lalu Lintas, antara lain tersediannya rambu-rambu lalu lintas yang memadai dan dengan jumlah yang cukup banyak sebagai tanda ditegakkannya aturan lalu lintas di wilayah ini.

“Terdapat penerangan jalan yang memadai saat malam hari, adanya spanduk dan baliho tentang keamanan dan keselamatan dalam berkendara di wilayah pemukiman. Hal tersebut, sebagai pengingat kepada masyarakat saat hendak berkendara. Belum lagi adanya perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku buku aturan berlalu lintas, sebagai wadah anak-anak belajar dan membaca serta menyediakan E-Perpustakaan,” ujar Kasat Lantas Lombok Timur AKP Putu Gde Caka.

Inovasi E-Perpustakaan, sambung Caka, juga ditonjolkan oleh Lingkungan Seruni. Inovasi ini berupa E-book yang ditautkan berupa Barcode. Tidak dipungkiri anak-anak jaman sekarang telah memiliki alat komunikasi berupa HP Berbasis android dan juga bisa menggunakan HP orangtua saat hendak belajar.

“Sehingga apabila ada judul buku yang hendak mereka baca, namun sedang dipinjam rekannya, anak bisa dengan mudah men-scan barcode yang ada diperpustakaan dan langsung otomatis membuka folder ebook di google drive,” sambungnya.

Masyarakat Lingkungan Seruni juga, turut mendukung adanya predikat kampung tertib lalu lintas ini setelah adanya beberapa sosialisasi yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Lombok Timur kepada warga. Warga sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

“Warga Lingkungan Seruni juga bersepakat untuk berpartisipasi dengan menempelkan aturan (awig-awig) yang disepakati oleh seluruh warga untuk memiliki SIM bagi pengendara, membawa STNK , juga kelengkapan pengaman seperti Helm dan Sabuk Pengaman. Serta aturan untuk mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah,” tutur Caka.

Ditunjuknya Lingkungan Seruni sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, kata Caka, karena melihat lingkungan ini sangat tertata, dan masyarakatnya selalu tertib berlalu lintas. Semoga dengan diberikannya predikat kampung tertib lalu lintas ini, membuat Lingkungan Seruni mempertahankan dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kita berharap warga Lingkungan Seruni, bisa mengajak warga wilayah lainnya di Lombok Timur untuk menata lingkungkannya dan megajak warganya untuk tertib berlalu lintas,” tandas Caka. (Red. Radio Arki)

Related posts

Beredar Vidio Tindakan Refresif Brimob Dalam Penanganan Massa Aksi di PT AMNT

ArkiFM Friendly Radio

Pemprov NTB Komitmen Bantu Pasarkan Madu Hutan Mataiyang

ArkiFM Friendly Radio

Sambangi Warga Desa Talonang, HMS Ingatkan Pentingnya Toleransi

ArkiFM Friendly Radio